Salah satu wisata yang paling saya suka adalah wisata masjid. Rasanya sejuk aja gitu. Apalagi kalau datang ke masjid-masjid yang besar dan arsitekturnya bagus dan megah, rasanya betah 😍
Nah kalau teman-teman, pernah nggak sih kepikiran tentang arsitektur masjid? Bisa jadi sebagian besar dari kita jawabannya gaya arsitektur ala Timur Tengah ya. Ciri arsitektur ini punya lengkungan-lengkungan di pilar dan gaya bangunan yang hampir serupa di banyak daerah di Indonesia.
Tapi sebenarnya arsitektur masjid nggak saklek harus seperti yang kebanyakan di negeri ini lho. Banyak masjid unik di Indonesia yang gaya arsitekturnya menarik buat dikunjungi. Di mana aja tuh?

Masjid Istiqlal Jakarta

sumber: Wikipedia
Masjid Istiqlal yang terbesar di Asia Tenggara ini juga dikenal luas karena gaya arsitekturnya yang unik dan menarik. Berada di ibukota, gaya masjidnya tidak menonjolkan lengkungan ala bangunan Timur Tengah. Tapi justru mengambil gaya berbeda dan menonjolkan karakter lewat pilar megah dan jendela-jendela di seluruh sisinya.

Bentuk jendela yang mengelilingi Istiqlal menjadi ikon yang paling membedakan masjid ini dengan masjid lainnya. Meski begitu, Istiqlal tidak meninggalkan bentuk kubah yang menjadi puncak dari bangunan ini.

Indahnya Masjid Istiqlal tidak hanya menarik umat muslim untuk beribadah di sana. Tapi juga banyak wisatawan dari luar kota yang datang ke ibukota naik bus Lorena hanya untuk melihat megahnya Istiqlal. Bahkan bisa dibilang belum lengkap ke Jakarta tanpa mampir ke Istiqlal 😆

Masjid Cheng Ho Surabaya

sumber: Beritadaerah
Masjid dengan gaya arsitektur China? Kenapa enggak? Kita bisa menemukan masjid dengan gaya arsitektur negeri Tirai Bambu ini di Surabaya lho. Namanya Masjid Cheng Ho.

Sekilas bangunan ini kelihatan mirip dengan Klenteng, dengan warna dominan merah yang dipadu dengan hijau dan emas. Tapi kalau diamati lagi, ini adalah sebuah masjid yang digunakan umat Islam untuk beribadah.

Selain menjadi tempat ibadah, keunikan Masjid Cheng Ho di Surabaya juga menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana. Untuk pengunjung dari kota-kota dekat Surabaya bisa memilih naik bus Lorena mengunjungi tempat ini.

Masjid An-Nurumi Yogyakarta

sumber: Dreamstime
Kalau pertama kali lihat bangunan ini, kita pasti teringat Rusia. Ya, Masjid An-Nurumi yang ada di Yogyakarta ini memang dibangun dengan kubah menjulang dan warna-warni menyerupai bangunan di Rusia. Tepatnya Katedral St Basil yang dulunya pernah menjadi masjid di negara yang berbatasan langsung dengan Kutub Utara.

Masjid Kapal Semarang

sumber:Beritasatu
Seperti namanya, bangunan masjid ini berbentuk kapal, lengkap dengan jendela-jendela bulat di sepanjang sisinya. Dan sekilas, bentuknya seperti kapal yang karam di tepi lautan 😍

Tidak hanya bagian luar masjidnya yang unik, bagian dalam dari masjid yang aslinya bernama Safinatunnajah ini juga menarik. Bangunannya terdiri dari empat tingkat dengan bagian tengah yang luas dan lega.

Meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota Semarang, tapi tidak menyurutkan niat pengunjung dari luar kota untuk naik bus Lorena menuju Semarang demi melihat Masjid yang juga dikenal dengan nama Bahtrera Nabi Nuh.

Masjid Al Irsyad Bandung

 sumber: Kemenag
Berbentuk kubus dengan gaya bangunan sederhana tapi detail ini adalah bangunan yang masuk dalam lima besar Building of The Year 2010 yang sangat menarik. Gaya modern dan simple menjadi pesona utama Masjid Al-Irsyad yang berada di Padalarang.

Kecantikan Al Irsyad juga selalu menarik perhatian dari banyak pengunjung dari luar kota. Mau menumpang bus Lorena menuju Bandung tidak menjadi masalah, selama bisa berkunjung ke masjid yang cantik ini.

Nah, di antara semua Masjid ini, mana nih yang gaya arsitekturnya paling teman-teman suka? 😊

13 thoughts on “Masjid-masjid dengan Arsitektur Indah di Indonesia. Dari Semuanya, Mana yang Kamu Suka?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *