Tuesday, 15 April 2014

Kalo Aku, Suka yang Begini ^_^

Tulisan ini buat kamu-kamu penggiat gratisan haha. Entah itu kuis, giveaway, blog competition, or anything about 'gratisan'.

Saya nggak tahu kenapa jadi ketagihan juga ikut gratisan begini. Tepatnya sih, waktu saya menang GA Komik Muslimah. Saat itu beneran saya cuma iseng. Hadiahnya bikin mupeng banget. Buku Keakhwatan. Namanya akhwat ya pasti buku untuk cewek. Dan kayaknya saya butuh buku ini. Ternyata isinya emang bagus banget. Plus ada fiqihnya pula. Maka mulailah saya menulis. Eng,ing,eng saya bingung mau nulis apa. Dan rada pesimis sih. Cuma saya pikir ah menang nggak menang yang penting nulis. Yang penting udah nyoba. Eeeh tanpa dinyana dan diduga, ternyata Kak Dhiba memenangkan saya. Hehehe

Keesok-esokkannya, saya malah nyari info-info GA lain. Yakali menang lagi. Dari situlah yang akhirnya membuat saya 'cinta gratisan' hoho :D Malah sekarang nggak cuma GA, tapi kuis-kuis yang berseliweran di facebook, twitter atau site-site lain pun saya ikuti. Etz, meski begitu nggak benar-benar semuanya saya ikuti. Tentulah harus banyak pertimbangan. Buahaha *ngesokk beud* 

Salah satu faktornya yaitu SREG di hati. Ini faktor pertama dan tak bisa tersanggahkan. Hahaha. *Kayaknya yang lain juga pasti ini :D. * Yaph. Mau lomba sebagus, sekeren, segokil dan sehebat apapun hadiahnya, kalo nggak sreg di hati, ya nggak saya ikutin. Begitupun sebaliknya, mau syaratnya seribet apapun, kalo kata hati "Tek. Harus ikut nih!" Ya pasti ikut :D

Trus ada berbagai hal yang saya pelajari dan membuat saya suka dengan lomba-lomba itu terlebih dalam hal ini dari penyelenggaranya.

1. Syarat simple, nggak ribet.
Saya suka dengan penyelenggara lomba yang nggak ribet-ribet ngasih syarat. Termasuk harus follow atau like ini itu dulu. Keep it simple. Sipp. Tanpa ada kewajiban apapun, kita langsung bisa nulis dan ikut lomba.
Tapi mungkin ini nggak berlaku kalo yang nyelenggarain lomba dari produk tertentu. Biasanya dalam salah satu syaratnya, mereka mengharuskan kita untuk follow Twitter atau me-like fanspage nya. Dan untuk yang cuma blogger biasa, biasanya karena mereka haus akan followers hehehe. Terutama kewajiban untuk follow blog. Kalo ini menurut saya sih sah-sah aja, sekalian memudahkan kita untuk mendapatkan info tentang pengumuman atau perkembangan lomba. 

2. Syarat ribet, hadiah kece.
Nah ini buat saya nggak kalah penting. Buat penyelenggara atau mungkin yang mau nyelenggarain lomba, kalo memang menginginkan syarat yang banyak, maka sediakanlah hadiah yang kece punya. Like buku, uang nominal di atas 100 ribu atau mungkin baju/kaos keren. Hehehe. Jujur saya nggak suka dengan penyelenggara yang memberikan syarat yang haduh udah ribet, banyak pula, tapi hadiahnya cuma pulsa. Maaf bukan meremehkan pulsanya atau pemberi hadiah, tapi ya moso hadiah pulsa 10, 20 syaratnya sampe bejibun. Aaiih nggak banget kan cyiin.

3. Daftar di kolom komentar atau google formulir.
Saya termasuk yang kurang sreg dengan jawaban di helikopter. Upzh. Aahh you know laaah :D Iya ribet aja menurut saya. Pertama nemu yang begini, saya cuma bilang, "Ih ini apa sih, kok begini. Ada klik-klik enter. Trus udah di enter muncul syarat-syarat yang lain. Cape deh ternyata syaratnya banyak banget!" Biasanya, kalo udah begitu, saya langsung go out dan nggak jadi ikut lomba. Nah dengan kita daftar di kolom komentar, ini jauh lebih mudah. Cuma sekadar pendapat aja ya, kolom komentarnya benar-benar dikhususkan untuk mendaftar lomba, bukan komen-komen yang lain :) Kalo mau kece, menurut saya google formulir juga oke kok. Malah lebih simple ^^

4. Tepat DL.
Misalnya bilang DL tanggal 30 April, ya udah tanggal segitu. Nggak ada percepat atau perpanjangan. Mau yang ikut cuma 10 atau bahkan cuma 5 orang, kalo dari awal disyaratkan DL tanggal segitu ya udah. Terkadang si penyelenggara merasa kurang puas karena yang ikut baru sedikit. Tapi buat saya, ini akan mengecewakan yang lain yang sudah ikut lomba. Dengan perpanjangan ini, otomatis pengumuman pemenang biasanya diundur. Kecuali kalo kuisnya memang yang baru ikut kurang dari 5 orang atau belum ada sama sekali hehe.

5. Pengumuman pemenang tepat waktu.
Yess. Yang paling saya suka lagi, jika dari awal lomba, si penyelenggara sudah menetapkan tanggal pengumuman pemenang. Sekaligus ini buat memudahkan kita yang ikut lomba untuk menyeset alarm. Hehe. Apalagi kalo menyebutkan jamnya juga. Beuh ini saya demen banget (baca: suka). Dan harus konsisten plus tepat waktu. Saya agak lemes, kalo si penyelenggara bilang, "Maaf ya pengumuman pemenang diundur, karena alasan bla bla bla.." Hadeehh.. Tapi mungkin ini bisa dipahami jika alasannya memang karena sesuatu hal yang diluar dugaan. Diluar dugaan itu ya pasti sesuatu yang nggak terhindarkan ya.

6. Dinilai dari segi jawaban.
Kesannya mungkin subjektif banget. Tapi saya tetep suka dengan cara ini. Dibanding hanya diundi melalui ..... ya lagi-lagi you know lah. Hhe *psst nggak mau nyebut merk*. Kenapa? Karena kita bisa tahu kalau kita nggak menang, ya karena kita belum layak dan masih ada yang lebih baik daripada kita. Sekalipun menurut kita, mungkin tulisan kita yang paling kece, aiiihh. Jadi, buat penyelenggara yang memang masih ingin dengan cara mengundi saja, berilah syarat yang nggak mengandung jawaban. Misalnya syaratnya hanya harus follow atau like ini itu. Kasihan kan kalo syaratnya mengharuskan kita memberi jawaban, tapi ujung-ujungnya cuma diundi. Lah nggak ketahuan yang mana yang bagus atau yang bener enggak-nya dong :)

7. Memberikan alasan kenapa dia menang.
Ini yang paling-paling saya suka banget di antara suka yang lain. Si penyelenggara dengan berbaik hati memberi alasan kenapa dia memenangkan mereka. Sebab saya jadi tahu kalo saya nggak menang kenapa. Balik lagi mungkin subjektif, tapi ya namanya juga dia yang punya hadiah. Ya wajarlaaaah :D

8. Tepat waktu kirim hadiah.
Pengumuman udah, menang Alhamdulillah. Lah hadiahnya manaaa??? Yang terakhir saya suka si penyelenggara cepet kirim hadiahnya. Hehehe. Kalo misalnya saya lagi rezekinya menang, tapi sampe sebulan lebih hadiah belum dikirim, ya saya waswas juga. Bukan apa, takutnya itu hadiah malah nyasar ke rumah orang dan akhirnya saya harus menanyakan ke penyelenggara. Hiks jujur saya suka malu banget. Kesannya ngarep banget gitu *tapi emang iya sih. Upzh* Kalo memang ada penundaan kirim hadiah, baiknya di koordinasikan sama pemenang, biar nggak kecewa dan kapok ikutan kuis/lombanya. Oke oke ;)

Mungkin itu 8 alasan-alasan suka teratas. Yang lainnya masih ada sih salah satunya kayak membuat daftar peserta giveaway, ini juga bagus. Sekaligus bisa jadi bahan blogwalking, referensi atau tau saingannya siapa aja hehehe. Yaph udah deh itu aja dulu :D

X: Alaaaah masih suka gratisan aja belagu, adain giveaway dooong!
P: Iya iya, saya juga pengen banget ngadain giveaway, cuma saya kan maunya memberi yang terbaik *ciyee* jadi harus nyiapin hadiahnya yang kece-kece dong :P (mudah-mudahan kesampean. Aamiin!)

Kalau kamu, apa yang kamu sukai? ^_^

22 comments:

  1. Sip.. Mantab!
    Ke 8 poin itu memang selalu saya jadikan acuan untuk mengikuti sebuah kontes.. :)

    ReplyDelete
  2. Saya juga kepengen ngadain Giveaway. Nabung dulu buat siapin hadiah ketjeh :D

    ReplyDelete
  3. Aku pingin ngadain GA tapi... masih bingung cara membedakan komen yg mampir dan yg mau daftar. Google formulir itu kayak apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibedain aja mak, ada postingan buat daftar sendiri

      Kalo contoh google form, bisa di search di google :D

      Delete
  4. thanks ya mak sharingnya,, sangat bermanfaat untuk kita sebagai peserta atau yang akan mengadakan GA.. :)

    ReplyDelete
  5. Bener nih, yang point nomer 1 setuju banget^^

    ReplyDelete
  6. Iya yah, delapan poinnya realita yang ada. ehehe. saya juga ingin ngadakan GA, mbak, ingin berbagi kebahagian di hari *, ehehe. masih nabung dulu :D

    ReplyDelete
  7. BENER2 AKU ya sukanya gak ribet, pernah sering bgd aku kash tahu temenku eh ada GA, syrat2nya bla..bla.. eh dia udah puyeng duluan. jawabnya males ah ribet! cuma buat dapat 1 buku aja ribet wkwkkwkw...

    wah UKH, jeli bgd nih nulis pointnyaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang simple-simple aja sih yaaa :D

      Hehe maklum sering nyari" yg gratisan *eeh :D

      Delete
  8. sebenarnya saya tertarik, tapi blum pernah nyoba, next deh xixxixi. salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk dicoba mbak. Iseng-iseng berhadiah :D

      Salam kenal juga ^_^

      Delete
  9. Setuju sekali mba’.. ini ajuan penyelenggara GA biar semakin baik ke depan.
    Ingin sih ngadain GA, tapi rejekinya masih belum ngalir deras...
    Entar kalau ada rejeki nomplok baru ngadain GA, biar bisa berbagi juga seperti mereka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ini subjektif saya aja mas, jangan dijadikan patokan jg *bisa dikeroyok nanti saya :D

      Aamiin. Mudan"an banyak rejekinya :D

      Delete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...