Saturday, 31 January 2015

Kopdar Pertama: Kopi Susu WB Bareng Interspace

Oke saya akui ini sangat amat telat sekali. Sudah seminggu berlalu masa baru menulis hari ini. Tapi tak apalah ya. Daripada tidak sama sekali kan :P *plak!*



Sabtu lalu, 24 Januari 2015 jadi kali pertama saya ikut kopi darat bareng blogger. Sebenarnya sih sudah banyak undangan, namun baru kali ini bisa hadir hiks. Makanya saya exciting banget, meskipun acaranya (menurut saya cukup) jauh dan daftarnya juga agak ribet *hehe* tapi kapan lagi coba. Mumpung saya ada waktu plus temen barengan juga :P


Kopi darat ini dipersembahkan oleh Warung Blogger dan Interspace sekaligus penyedia tempat yaitu Outback Steak House di Kuningan, Jakarta Selatan. Saya dan dua orang teman, Mbak Suci dan Mbak Lidya sampai di sana kira-kira pukul 11.00. Alhamdulillah belum mulai. Dan suasana juga masih belum ramai. Alhamdulillah lagi dapet duduk paling depan deh :D Begitu tepat pukul 12.30, kita langsung disuguhi makan siang secara prasmanan. Jelas dong, yang disuguhi pasti steak. 

suasana prasmanan
sumber: Grup WB
sudah dimakan, baru difoto -__-
Sembari makan siang, kita dikenalin admin-admin Warung Blogger yang selama ini ngurus grup di Facebook, Twitter dan website. Banyak ya ternyata adminnya. Kira-kira 10 orang. Salut deh sama mereka, ngurusin bejibun anggota yang tingkahnya pasti macem-macem hihi sampai nggak jarang masih ada yang nyepam (baca: spam). Kalau mau lihat siapa saja, bisa lihat album WB di sini ya.

Setelahnya kita mulai masuk materi. (Materi ini saya rinci secara singkat saja ya hehe.) Materi pertama datang dari pihak Access Trade yaitu Pak Julius. 

nggak begitu jelas ya? Maklum fotonya dari samping hihi
Pak Julius menjelaskan sejarah awal Access Trade yang menawarkan afiliasi yang lahir dari perusahaan Jepang yaitu Interspace pada tahun 1999.

Kunci sukses dari afiliasi ini antara lain:
  • Traffic: pada traffic ini kita harus mengerti karakter pembaca dengan kata lain menepatkan sasaran pembaca.
  • Post affiliate link
  • Engagement
  • Target Traffic: Untuk meningkatkannya, kita bisa usahakan untuk sering meng-update blog.
Lalu bagaimana cara mencari inspirasi untuk blog? Ini dia:
  • Cari trending topic di Twitter
  • Manfaatkan social media
  • Mengumpulkan para blogger untuk ikut memposting di blog
  • Creative
Lalu apa bedanya ads lain dengan ads Access Trade?
  • Banner ads google biasanya hanya bisa ditaruh di satu tempat saja. Atau biasanya di sidebar. Kalau di Access Trade, banner bisa ditaruh di mana saja. Termasuk di postingan.
  • Ads yang lain menawarkan komisi yang sama. Misalnya untuk satu klik dihargai Rp 500,-. Access Trade menawarkan komisi yang bervariasi dan di sini konten lebih dipentingkan. Jenis kontennya bisa berupa review, video, point dan rating.

Pengisi materi yang kedua yaitu Shinta Ries. Mak Shinta (begitu biasa dipanggil) ini merupakan blogger, blog & web designer, blog trainer - Fun Blogging, owner The Choco Company dan finalis Srikandi Blogger 2013. Wuih banyak ya profesinya. Nggak salah, kalau Mak yang satu ini bikin blogger-blogger lain *termasuk saya* kagum. Apalagi desainnya yang sudah tak diragukan. Nah materi yang dihadirkan Mak Shinta kali ini  masih berkaitan dengan desain, tapi di sini lebih membahas bagaimana mengisi blog dengan konten yang kreatif.


Konten kreatif itu untuk apa sih?
Ternyata konten inilah yang terpenting bagi seorang blogger. Bisa dibilang inilah sumber kekuatannya.

Apa aja sih materi konten itu?
Materi konten bisa berupa video, gambar, informasi, sudut pandang, pengalaman pribadi dan problem solving atau pemecahan masalah.

Untuk ngeblog ini, hindari yang namanya copy paste alias copas. Seperti yang pernah saya jelaskan juga di sini nih. Kalau memang berniat ngeblog ya usahakan menulis sendiri.

Prinsip desain apa aja ya?
  • Lisensi: Free personal use, free commercial license, creative commons, standard license, extended license.
  • Layout: Ided layout, tipikal pembaca orang-orang biasanya dari kiri ke kanan, fokus ke konten, tidak terlalu banyak pernak-pernik.
  • Font: Bisa dari google fonts, defont, font squirell, my fonts.
Kesalahan dari desain blog:
  • Shadow dalam judul blog yang tidak/kurang pas.
  • Penggunaan font yang salah. Usahakan untuk font ini pilih yang standar dan tidak sulit dibaca.

Setelah Mak Shinta ini, ada seorang blogger yang menjadi member Access Trade yang sudah mempunyai penghasilan sampai Rp 10 juta rupiah. Wow.


Kok bisa menghasilkan sebanyak itu? Menurut beliau ini nih triknya:
  • Anatomi konten yang memikat: Buat judul dan isi yang menarik.
  • Ada call to action
  • Membuat database

Materi yang ketiga sekaligus terakhir berkaitan dengan SEO yang dijelaskan oleh Kang Argun. SEO ini memang jadi *apa ya istilahnya - mungkin* jiwanya blogger. Blog bisa hidup kalau banyak dikunjungi orang. Nah ini kalau kamu biasanya suka mencari-cari info/artikel di google yang muncul pasti blog atau website kan. Dari sana kemudian kamu bisa mendapatkan apa yang kamu cari.


SEO (Search Engine Optimization)
Usaha mencari pengunjung lewat mesin pencari (google, yahoo, dll)

Macam-macam konsep SEO:
  • SEO branding company: pupolarisasi
  • Ecommerce/online shop: konversi
  • Publishing: monetize
  • Blogging: sharing
Untuk meningkatkan SEO bisa kita lakukan dengan membuat judul yang sesuai kaidah bahasa dan jangan alay ya. Sebenarnya ada trik untuk meningkatkan SEO, tapi saya masih belum terlalu paham hehe. Mungkin bisa kamu searching di google :v


Oke, segini aja yang bisa saya catat. Mohon maaf ya kalau banyak yang kurang :) Semoga saya bisa hadir di kopdar-kopdar blogger lainnya :D

Sebagai penutup dan selum pulang, jangan lupa foto-foto duluuu :D

credit
Kalau mau lihat keseruan lainnya, bisa lihat album WB di sini ya.

6 comments:

  1. Subhanallah, terimakasih banyak mbak udah ngeposting hasil share kemarin. Acara yg tak sempat saya ikuti padahal maksud hati ingin sekali hadir. Alhamdulillah, melalui blog mbak ini saya juga dapet ilmunya. .senengnya dpt ilmu baru...

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah dapat banyak masukan dari tulisan ini. Makasih utk sharingnya.

    ReplyDelete
  3. ini tergantung tujuan kamu ngeblog apa sih..
    yah yang penting semangat ya

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...