Thursday, 19 March 2015

[Share] Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Bersama Indosat

Alhamdulillah, Minggu 15 Maret 2015 kemarin untuk kedua kalinya saya ikut kopi darat bersama para blogger. Yang lebih hebat lagi, kali ini saya benar-benar merasa beruntung karena bukan hanya blogger biasa, melainkan para guru yang semangat ngeblog. Ma sya Allah. Mendengar mereka mempunyai visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan menulis di blog rasanya membuat saya iri dengan anak-anak sekolah sekarang. Bisa dibilang, saya jarang sekali menemukan guru yang hobi menulis apalagi membagikan ilmunya secara cuma-cuma di media online. Tapi tak apa, bertemu dengan merekapun rasanya membuat saya bersyukur. Kini banyak guru yang lebih peduli pada kualitas pendidikan. Tak hanya kualitas, dengan menulis mereka juga punya visi agar lebih banyak lagi anak-anak sekolah yang juga turut menulis demi kemajuan bangsa Indonesia.

Kabarkan kebaikan walau satu posting - Dedi Dwitagama

Ialah Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Bersama Indosat yang diadakan pada hari Minggu kemarin, tanggal 15 Maret 2015 di lantai 4 gedung Indosat, Jakarta Pusat. Dihadiri 350 peserta dari lebih 10 komunitas blog yang ada di Indonesia. Bahkan ada yang datang dari luar daerah. Salah satunya rombongan komunitas blog yang berada di Garut (lupa namanya).

Acara pertama dibuka dengan do'a agar keseluruhan acara berjalan dengan lancar. Acara kedua yakni sambutan ketua panitia yang tentunya dari Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, mas Namin AB Ibnu Solihin. Yang juga memperkenalkan pengurus-pengurus lainnya. Di antaranya Pak Wijaya Kusumah atau biasa dipanggil Om Jay selaku founder dari KSGN, Pak Sukani dan Bu Amiroh. Yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ah ini dia yang membuat terharu. Rasanya sudah lama sekali tidak menyanyikan lagu kebangsaan negara sendiri hiks. 

Sebelum masuk ke acara inti, para peserta dikenalkan dengan ICITY oleh Mbak Ghina Aliya yakni community manager ICITY. Sebuah forum yang ditawarkan khusus pengguna Indosat. Yang mempunyai visi untuk membantu mengoptimalkan smartphone. ICITY ini juga memiliki berbagai fitur, di antaranya:
  • Forum ICITY
Forum yang dikhususkan pagi pengguna Indosat ini berguna untuk berbincang dan menawarkan berbagai solusi sesama anggota forum.
  • Komunitas
Berguna untuk saling sharing tentang berbagai info terkait Indosat.

Dan fitur lainnya, yang bisa dilihat di website ICITY. Hebatnya, ICITY ini menjadi bank solusi pertama di Indonesia. Yang menawarkan solusi, bantuan dan informasi (tips, trik, testimoni, pengalaman pribadi) seputar gadget, layanan Indosat, minat serta aktivitas komunitas.

Nah, tibalah di acara inti. Talkshow yang dihadiri oleh empat bintang tamu yang juga merupakan seorang guru.


  • Dedi Dwitagama - https://dedidwitagama.wordpress.com/

Hobi itu ialah sesuatu yang bisa menghasilkan, memilih sikap dan konsekuensinya. Menurutnya hobi itu menghasilkan berbagai keuntungan:
  1. Jadi penulis yang lebih baik
  2. Jadi pembelajar
  3. Bisa terkenal
  4. Jadi profesional beneran
  5. Be a champion
  6. Makin banyak relasi
  7. Meningkatkan memori
  8. Makin kreatif
  9. Bersinergi dan fokus
  10. Makin hebat pakai IT
  11. Kabarkan kebaikan
  12. Makes money
Manusia terbaik ialah manusia yang bermanfaat - Dedi Dwitagama

  • Bu Amiroh - http://amiroh.web.id/

Bu Amiroh ini jauh-jauh dari Jombang datang ke Jakarta lho. Mottonya, my way to e-learning tools. Bagi beliau, "Blogging isn't just posting or making online diary." But blog is how about:

  1. Meet new people
  2. Inspire others
  3. Betters thinkers
  4. Make some manoey
  5. Healty habits
  6. Being knows
  7. Parent, teacher, students resources
  8. Self discipline
  9. Schedule post
  10. Easy to contact
  11. Improve
  12. Information capture
With three reasons:
  1. Blogging is not for money
  2. Blogging is not for popularity
  3. Blogging is not for traffic

  • Muhammad Subakri, S.Pd - https://ayomendidik.wordpress.com/


Pak Subakri ini juga datang jauh-jauh dari Lumajang, Jawa Timur. Bahkan beliau mengaku belum penah sama sekali ke Jakarta. Dan demi acara kopdar inilah beliau rela datang. Hebaaat. Beliau membangun website Ayo Mendidik. Alasannya: karena kondisi pendidik di daerah yang sebenarnya bisa lebih diptimalkan. Isi blognya terdiri dari tiga bagian, yakni:
  1. Ide mendidik
  2. Cerita
  3. Olimpiade MIPA


Nasihat beliau, "Teruslah menulis dan keajaiban akan datang."

  • Imam Suwandi - Penulis buku, produser, dan lain-lain http://cakimamsuwandi.blogspot.com/
As a producer/journalistic you've got to tell your viewers. 
Why these stories are important and how these events effects their lives
Di sesi setelah istirahat, Pak Imam menjelaskan mengenai self journalism. Yakni merupakan pengembangan dari citizen journalism yang meliput berita menggunakan media atau biasa disebut tongkat narsis. 

Self journalism sendiri sudah pernah digunakan di BBC London. Dan Pak Imamlah pelopor pertama yang menggunakannya di Indonesia. Sebagai reporter metrotvnews.com sudah banyak berita yang beliau liput. 

Peralatan yang sederhana, simpel reportase, tidak terbatas ruang dan waktu dan bisa dilakukan sendiri adalah beberapa alasan mengapa tongsis bisa dimanfaatkan dalam meliput berita atau wawancara. Hanya saja memang terdapat beberapa kekurangan terutama di Indonesia:
  1. Masih kurang lazim
  2. Terkesan amatir
  3. Kualitas video dan audio terbatas 
  4. Kualitas skill terbatas
Namun di samping itu, self journalism juga memiliki kelebihan:
  1. Lebih ekonomis
  2. Bisa cepat dan siap kapan saja
  3. Tidak melibatkan banyak orang
  4. Bisa segera kirim berita (online)
Self journalism neeed (membutuhkan):
  1. News writer
  2. Videografer
  3. Production export
  4. Researcher
  5. Lawyer/ethicist
Format berita TV self journalism:
  1. Live on tape
  2. Live report via streaming
  3. Interview
  4. VO SHOT (Voice Over Shoot of Television)
Ide konten/liputan (sense of news)
  1. Peristiwa
  2. Human interest
  3. News value
  4. Pendapat

  • Ono W. Purbo - http://id.wikipedia.org/wiki/Onno_W._Purbo

Pak Ono merupakan penulis, pakar IT, juga pembicara seminar. Beliau telah menulis puluhan buku yang bahkan menurut pengakuannya beliau bisa menulis buku dalam waktu dua hari. Bagaimana triknya? Menulislah setiap hari. Maka jika ingin kita jadikan buku, kita pilih tema lalu tinggal copy paste-copy paste deh hehe. Profil lengkapnya bisa kalian kunjungi di sini.


Dengan berakhirnya sesi dari Pak Ono, maka berakhir pula serangkaian acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Bersama Indosat ini. Yang diakhiri dengan pengumuman pemenang live blogging dan live tweet. Ah keren deh dapet handphone Samsung dan Sony. Sayang saya nggak ikutan hehe :))



Kalau guru saja mau terus menulis, maka bagaimana dengan kita? :)

Semoga bermanfaat ya ^_^

Sumber referensi:
https://sejutaguru.wordpress.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Onno_W._Purbo

4 comments:

  1. Seru ya acaranya. Mudah2an menang lomba blognya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, saya tidak ikut lomba mbak :D Lombanya sudah saat acara :))

      Delete
  2. Wah, tulisannya sangat berguna.
    Terutama buat saya yg blm pernah ikut kopdar.
    Salam kenal..

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...