Alasan Saya Masih Menggunakan Facebook Hingga Kini

Beberapa hari lalu salah satu media sosial sempat mengalami down dan membuat penggunanya barangkali banyak yang kelabakkan. Selain itu saya juga sempat mengikuti perbincangan ibu-ibu tentang anak-anaknya yang lebih aktif di media sosial lain selain Facebook. Bahkan ada seorang anaknya yang bicara, “Remaja terlalu tua pakai Facebook.” Owew :v Entahlah. Tapi beberapa teman saya juga mulai jarang aktif di media sosial satu ini. Alasan mereka kebanyakan lebih asyik menggunakan media sosial lain yang memang lebih kekinian. 
Saya sendiri? Saya masih nyaman menggunakan Facebook sampai saat ini. Alasannya?
Facebook media sosial dengan fitur terlengkap
Pernah nyoba beberapa aplikasi lain, tapi saya merasakan tidak ada yang selengkap fiturnya dengan Facebook. Apapun bisa dilakukan di Facebook. Mulai dari menulis status, catatan, berkomentar, mengobrol via obrolan pribadi, membuat dan bergabung di grup, bisa mengumpulkan foto, bermain banyak permainan, bahkan bisa dijadikan sarana mempromosikan diri juga bisnis. Nah kurang lengkap apa coba? Semua terkumpul jadi satu di Facebook.
Menampilkan profil diri secara lengkap.
Mulai dari tempat tanggal lahir, tempat tinggal, kesukaannya apa (film, buku, dan lain-lain) juga deskripsi diri, bersekolah dan bekerja dimana, semua bisa ditampilkan di halaman ini dan bisa diatur mana yang mau kita isi dan tampilkan. 
Bisa mengeluarkan pendapat lewat kolom status dan membuat tulisan di fitur catatan.
Saya bebas mengeluarkan unek-unek saya di status hingga sepanjang apapun. Selain itu saya juga bisa menulis di fitur catatan. Lebih enaknya, bisa saya setting pribadi, publik ataupun hanya teman.
Facebook bisa membuat atau bergabung dengan banyak grup.
Saya suka menulis dan ngeblog. Di Facebook inilah saya banyak bergabung dengan grup-grup/komunitas nulis dan blog. Dari komunitas ini saya jadi bisa mempromosikan tulisan-tulisan dan blog saya. Juga mengumpulkan banyak informasi dan bisa belajar secara cuma-cuma 🙂

Bisa melampirkan dokumen. 
Facebook juga bisa melampirkan dokumen di grup maupun di pesan pribadi. Jadi jika teman Facebook membutuhkan bisa langsung dikirim tanpa menggunakan email.
Bisa terhibur dan belajar banyak hal juga berita-berita dari berbagai status, link yang dibagikan atau catatan.
Ini adalah alasan terbesarnya. Saya bisa belajar banyak hal. Jadi tidak hanya baca status yang biasa saja, melainkan saya juga bisa baca-baca tulisan yang kadang bermanfaat. Enaknya lagi, sekarang Facebook bisa copy-paste, jadi kalau ada info yang tidak ingin hilang begitu saja, bisa saya simpan di catatan pribadi.

Selain itu saya juga bisa terhibur dengan video-video lucu dan belajar dari video-video bagus yang dibagikan orang-orang. Seperti saat ini misalnya, saya jadi suka nontonin video masak :))

-x-
Ya kira-kira itulah alasan saya kenapa masih nyaman dengan Facebook hingga saat ini. Terlepas dari segala kontroversinya, dan walaupun banyak media sosial lain, yang paling sering bahkan setiap hari saya buka ya Facebook. Jadi ah terserah saja kalau dibilang ‘Facebook sudah tua’, toh saya masih nyaman menggunakannya 😀 
Beberapa teman juga mengajak atau mengundang saya mengunduh aplikasi media sosial lain. Alasannya biar bisa bergabung dan lebih kekinian. Tapi saya sih tetap pilih yang memang dibutuhkan saja. Toh, pada intinya media sosial lain juga sama. Hanya saja jarang (eh atau malah tidak ada?) yang selengkap Facebook 🙂
Psst postingan ini bukan sarana promosi atau iklan berbayar ya. Ya iyalah masa iya Mark Zuckerberg mau bayar saya :))

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

29 comments to “Alasan Saya Masih Menggunakan Facebook Hingga Kini”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Ika Hardiyan Aksari - Maret 11, 2016 Balas

    Saya memang jarang aktif bgt di fb mbak. Tapi ya masih saya gunakan utk share postingan di beberapa komunitas. Kalau dibandingkan sosmed lain fb ya cukup memuaskan sih.

    • adedelina - Maret 11, 2016 Balas

      Kalo saya malah aktif bgd d fb 😀 Iya memuaskan ya mbak 🙂

  2. Rosalina Susanti - Maret 11, 2016 Balas

    saya kadang ngrasa 'lelah' sama FB, tapi juga belum bisa ninggalin, dg alasan2 yg mba ade sebutin 😀

  3. Kazuhana El Ratna - Maret 12, 2016 Balas

    Dari banyak sosmed Fb memang paling nyaman dan lengkap fiturnya, seperti yang Mbak Ade paparin 😀 Jadi masih dipakai jujur dari fb aku banyak sekali mendapat teman dan paketan hadiah, eh hehh 😀

  4. Santi Sintawati - Maret 12, 2016 Balas

    Tentunya penggunanya banyak dan karakter untuk nulis gak dibatas, hehe…

  5. Witri prasetyo aji - Maret 12, 2016 Balas

    Saya juga 6 tahun mggunakan fb dan tetep suka sama fb meski juga menggunakan social media lainnya…

  6. Bagus Budi Santoso - Maret 12, 2016 Balas

    Sebagai anak era 95, facebook adalah sosial media pertamaku dan setuju dengan mbak, merupakan sosial media yang terlengkap karena bisa digunakan ini itu. dan aku ngerasa cukup puas hehe. masih suka on sampe sekarang, meski udah jarang update status, soalnya aku hubungin ke instagram.

    • adedelina - Maret 12, 2016 Balas

      Hehe emang paling lengkap ya mas 😀

  7. Bagus Budi Santoso - Maret 12, 2016 Balas

    Sebagai anak era 95, facebook adalah sosial media pertamaku dan setuju dengan mbak, merupakan sosial media yang terlengkap karena bisa digunakan ini itu. dan aku ngerasa cukup puas hehe. masih suka on sampe sekarang, meski udah jarang update status, soalnya aku hubungin ke instagram.

  8. Ila Rizky - Maret 12, 2016 Balas

    Iya, di grup fb jg bisa belajar banyak sama temen lainnya dan bisa dilacak postingan2 lama. Jadi masih kesimpen, dibanding klo pakai social media seperti twitter udah susah lacaknya karena ketimbun sama twit lain.

    • adedelina - Maret 12, 2016 Balas

      Iya bener mbak. Apalagi skrg udh bisa dicopas ya. Jd kalo penting bisa & disimpen 😀

  9. Brian Prasetyawan - Maret 12, 2016 Balas

    Saya generasi 90an tapi masih setia sama fb hehe (tuh sama fb aja setia apalagi sama……#eeaa). Memang sih eman-teman saya juga banyak yang ninggalin fb dan lebih suka pakai aplikasi lain (terutama path). Walau begitu saya kurang terpengaruh utk ikut-ikutan pakai aplikasi lain

  10. Fanny f nila - Maret 12, 2016 Balas

    Aku gak begitu aktif di FB tp blm bisa juga ninggalin medsos 1 ini :). Dr FB sih aku bisa baca postingan2 Baru member group, bisa dapet link2 berguna ttg resep Dan lainnya, walopun GA bisa dipungkirin ADA banyak juga link2 provokatif yg msh aja disebar ama orang2 yang kurang bisa gunain otaknya. Tapi toh biasanya aku lgs block org2 yg suka nyebarin link fitnah gitu. Intinya FB msh asyik kok..Dan krn temen2 ku jg msh bnyk disana, ya aku jg gak mau ninggalin 😀 Ntr kalo nasibnya udh sama kayak friendster, Baru deh ninggalin juga 😀

    • adedelina - Maret 12, 2016 Balas

      Kira-kira sama ga ya nasibnya hihi :v

  11. Tia Putri - Maret 12, 2016 Balas

    Aq juga masih setia sm fb, paling powerfull dan lebih merasa di apresiasi dibanding medsos lain.

  12. Tia Putri - Maret 12, 2016 Balas

    Aq juga masih setia sm fb, paling powerfull dan lebih merasa di apresiasi dibanding medsos lain.

  13. Tia Putri - Maret 12, 2016 Balas

    Aq juga masih setia dg fb, lebih powerfull dan lebih merasa diapresiasi dibanding medsos lainnya

  14. Nurul Hikmah S. - Maret 13, 2016 Balas

    Eh sama mbak, waktu medsos yang lain lagi down saya adem-adem aja, soalnya ngga terlalu saya pake yang itu. Semakin banyak medsos yang muncul memang semakin banyak yang saya pake. Tapi tetep yang saya buka tiap hari ya facebook. Udah hampir 8 tahun malah setia sama si facebook ini. 🙂 Saya juga suka facebook karena fiturnya yang lengkap, ga pernah ngebosenin. Seneng juga karena sekarang tiap buka beranda facebook banyak link-link yang bisa nambah pengetahuan, plus cuma di facebooklah saya bisa gabung ke grup yang saya sukai.

    Memang banyak sih temen yang nganggep facebook udah ngga zaman dan ngga kekinian. Tapi bagi saya facebook masih yang nomor 1. 😀

    • adedelina - Maret 13, 2016 Balas

      Wah ada yang lebih lama malah, udah 8 tahun 😀 Facebook emang tetep jadi andalan ya mbak 😀

  15. damarojat - Maret 13, 2016 Balas

    yang saya suka dari fb tuh grupnya mbak. bisa bagi banyak ilmu secara gratis.

  16. Tira Soekardi - Maret 13, 2016 Balas

    betul, aku juga lebih suka fb daripada twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published.