Sejak single saya sudah membiasakan diri untuk selalu cuci tangan setelah melakukan aktivitas. Rupanya, kebiasaan ini jadi terbawa sampai sekarang. Saya terapkan juga di rumah bersama suami dan anak-anak. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kebersihan. Apalagi Emir sempat kena disentri bulan lalu, setelah itu saya jadi lebih sadar soal bakteri. Kita nggak tahu datangnya bakteri dari mana. Jadi ya yang bisa dilakukan adalah mencegah bakteri itu menjadi penyakit. Salah satu caranya harus dengan cuci tangan pakai sabun.

Kenapa sih harus cuci tangan pakai sabun?

via Pixabay
Iya ya, kenapa sih harus pakai sabun? Memangnya hand sanitizer aja nggak cukup? Buat saya pribadi, selama masih ketemu air, lebih baik pakai air. Dan akan semakin baik kalau ditambah dengan pakai sabun. Sebab dilansir dari website klikdokter.com, ternyata mencuci tangan pakai sabun ada manfaatnya juga lho. Apa saja itu?
  • Membunuh lebih banyak kuman
Kita tidak tahu ada kotoran apa saja yang masuk di tubuh kita. Bisa saja kotoran itu masuk lewat mulut, hidung, atau anggota tubuh lainnya. Apalagi jika kita habis beraktivitas di luar ruangan dan berinteraksi dengan orang banyak. Maka mencuci tangan menjadi suatu keharusan setelah beraktivitas. Air bersih saja ternyata kurang bisa membunuh kuman lho. Dengan menggunakan sabun dengan air, maka akan lebih lebih efektif dalam membunuh banyak kuman atau bakteri berbahaya yang menempel pada kulit. Riset medis pun telah membuktikan hal ini.
  • Lebih efektif membersihkan kotoran
Selain membunuh banyak kuman, cuci tangan pakai sabun pun mampu membersihkan kotoran lebih efektif. Dengan begitu, resiko kuman atau bakteri berbahaya masuk ke dalam tubuh akan semakin kecil.
  • Mujarab melarutkan kotoran minyak.
Kalau kita habis makan makanan berminyak, atau memegang sesuatu yang berminyak, biasanya tangan menjadi licin ya. Nah dengan cuci tangan pakai sabun, maka itu cara yang paling efektif menghilangkan sisa kotoran minyak atau lemak yang tertinggal. Ini juga akan membuat tangan kita bersih dan terlindungi dari bakteri maupun kuman penyebab penyakit.

Cara mencuci tangan yang benar

Mencuci tangan pun ada cara yang benarnya ya. Bagaimana itu?
  1. Cuci tangan dengan air bersih yang mengalir.
  2. Pakai sabun khusus untuk membersihkan kuman dari tangan. Lebih bagus jika sabun memiliki formula skincare pH-Balanced yang aktif melindungi kuman.
  3. Gosok telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari dan kuku, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.
  4. Keringkan dengan tisu atau handuk.
Cuci tangan ini hal yang sederhana sebenarnya. Tapi ternyata dampaknya cukup efektif untuk mencegah kuman masuk. Sehingga kesehatan kita pun akan terjaga.
So, jangan lupa cuci tangan ya 😊

One thought on “Kenapa Harus Cuci Tangan Pakai Sabun?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *