belanja online

5 Situs Belanja Favorit + Tips Smart Belanja Online

Dibanding belanja ke toko, sekarang saya lebih suka belanja online. Bukan semata karena malas jalan. Wong saya suka banget jalan kok haha. Tapi karena seringnya belanja online tuh lebih murah. Meskipun harus pakai ongkir, diskon di toko online seringkali besar. Jadi lumayan banget bedanya dibanding kita datang ke toko. Belum lagi kalau ke toko kan capek. Segala jajan-jajan, ongkosnya juga perlu diperhitungkan.

5 situs belanja online paling favorit

Selama ini saya punya situs-situs favorit kalau belanja online. Yang bisa dibilang ya 5 situs ini deh langganan saya belanja. Apa sajakah itu?

Tokopedia

Ini nomor wahid banget. Marketplace satu ini lebih murah dibanding marketplace lain. Kita mau cari apapun juga ada. Tapi biasanya saya sendiri belanja yang receh-receh. Kayak stationery, kosmetik, skin care, perabotan rumah tangga, dan pakaian. Pernah juga sekali waktu dibeliin suami laptop second di Tokopedia. Alhamdulillah bagus lho. Nih masih awet saya pakai sampai sekarang.

Selama belanja di Tokopedia belum pernah ngecewain. Semua selalu tepat waktu dikirim. Dan barangnya pun nggak pernah cacat. Harganya juga murah dibanding marketplace lain. Selain itu, saya juga selalu nyari seller yang memang reviewnya bagus dan sudah terpercaya. So, tips juga buat teman-teman yang baru mau belanja di marketplace adalah SELALU cek ulasan setiap toko. Usahakan sih yang sudah 5 bintang. Insya Allah biasanya sudah pasti terpercaya.

Shopee

Yaks, yang baru-baru ini lagi hits karena iklannya yang tayang di jam yang salah ini juga jadi marketplace favorit saya. Apalagi sih yang disukai dari Shopee selain GRATIS ONGKIR haha. Apalagi saya kan di Surabaya. Sedang kebanyakan barang yang saya beli biasanya dari luar Surabaya. Keuntungan bisa gratis ongkos kirim tentunya menguntungkan banget. Walaupun ya ada minimal belanja sih. So far, nggak masalah.

Tapi sekali waktu, saya juga nggak ngejar gratis ongkirnya. Biasanya saya suka mantengin flash sale Shopee. Kalau ada barang yang memang lagi saya butuhin ya langsung beli. Diskonnya juga lumayan kok. Sudah banyak barang yang saya beli di Shopee. Bahkan saya pernah beli buku juga di sini.

Lazada

Kalau ini sebetulnya favorit suami. Tapi saya juga sesekali belanja di sini. Enaknya adalah Lazada itu ada yang bisa Cash On Delivery. Jadi nggak perlu khawatir rugi karena kita baru bayar setelah barang sampai.

Biasanya di sini saya sama suami suka beli barang-barang elektronik. Handphone kami pun beli di Lazada. Enaknya sih, Lazada itu bisa diretur. Jadi kalau barang nggak cocok atau cacat, ya bisa dikembalikan dengan diganti barang baru atau diganti uang.

Bukukita

Nah yang paling saya suka belanja online itu buku. Buku di online shop lebih murah dibanding store-store offline. Kayak Bukukita ini contohnya. Sudah dari zaman masih kerja dulu saya suka banget belanja di sini. Diskonnya lumayan. Ditambah ongkos kirim pun harganya masih lebih murah dibanding di toko. Apalagi kalau kita tinggal di Jabodetabek biasanya pengiriman cepat. Hari ini pesan, bisa jadi besok sudah sampai.

Meski sekarang sudah tinggal di Surabaya, saya juga masih suka belanja buku di sini. Suka ada bonus undian pula kalau kita belanja minimal 50 ribu. Duh, sayangnya saya belum pernah dapat undiannya haha. Semoga next kalau belanja lagi, dapat hadiah deh. Lumayan lho hadiahnya, buku sesuai pilihan kita 😍

Grobmart

Sejujurnya awalnya saya ragu belanja di sini. Karena sudah banyak testimoni yang nggak enak. Tapi akhirnya minggu kemarin saya coba beli satu buku. Ya memang, dikirimnya lumayan lama dibanding toko-toko lain. Waktunya sampai seminggu. Jadi saya beli Senin, baru sampai hari Minggu. Kayaknya sih karena ongkirnya murah ya, ke Surabaya cuma 3 ribu aja.

Tapi yang saya suka, belanja di sini tuh diskon bukunya juga lumayan. 20% ke atas. Dengan ongkir yang cuma 3 ribu, jelas untung banget. Pengennya sih dari sisi pengirimannya dibenerin. Kalau bisa 3-4 hari aja, pasti bakal semakin oke. So far, saya belum ada kecewa di Grobmart. Bukunya pun sampai dengan selamat dan tidak ada cacat sama sekali. Yang paling saya suka sih ya itu, ongkirnya murah banget hehe.

Stay smart saat belanja online

Yap, 5 situs di atas adalah 5 situs yang jadi favorit saya. Biasanya kalau sudah favorit, saya akan sulit berpindah ke lain hati. Apalagi kalau mereka sudah menunjukkan kredibilitasnya, saya akan senang belanja di sana terus.

Yang jelas, buat saya, belanja online masih menguntungkan. Meskipun pernah mengalami kejadian nggak enak saat belanja online, saya tetap suka belanja online. Yang penting kitanya saja pintar-pintar membandingkan harga. Selain itu simak tips di bawah ini:

  • Cek juga ulasan-ulasan testimoni setiap toko sebelum beli. Usahakan akun asli ya yang testimoni. Kalau sudah banyak testimoni yang bagus, insya Allah tokonya sudah pasti terpercaya.
  • Jangan tergiur diskon besar. Cek dulu harga asli barang di tempat lain atau di toko offline.
  • Dan kalau misal bermasalah, coba kejar terus si pemilik toko sampai uang kita kembali. Jangan menyerah. Lakukan cara apapun. Kirim email, SMS, telepon, atau kalau perlu viralkan di media sosial. Karena itu memang hak kita 🙂

So, stay smart saat belanja online ya 😉

Situs belanja favorit teman-teman, apa nih? 😍

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

6 comments to “5 Situs Belanja Favorit + Tips Smart Belanja Online”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Lailin - Desember 17, 2018 Balas

    Baru tahu tempat beli buku di grobmart, bisa saya coba kapan-kapan deh mbak 😀

    • Ade Delina Putri - Desember 17, 2018 Balas

      Iya coba. Murah ongkir cuma 3 ribu per buku hehe

  2. Nike Dwiyanti - Desember 17, 2018 Balas

    Sama mbaaak 😀 suami saya juga beliin HP dan temen-temennya laptop lewat Tokopedia semua heheh

    • Ade Delina Putri - Desember 17, 2018 Balas

      Bagus kaan 😀

  3. Aprilely Ajeng Fitriana - Desember 17, 2018 Balas

    saya agak kapok sih mbak pakai lazada. pernah ketipu soalnya. duit melayang, barang nggak diterima. huhuhu..

    • Ade Delina Putri - Desember 17, 2018 Balas

      Waduh semoga ga kejadian lagi ya Mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published.