Team Work, Kerja yang Sama Porsinya

Hal yang paling saya nggak suka waktu sekolah atau kuliah adalah membuat kelompok. Bukan karena saya nggak suka bekerja dalam kelompok. Suka-suka aja KALAU semuanya ikut bekerja. Tapi yang saya nggak suka adalah ketika ada anggota kelompok yang tidak bekerja dan hanya mengandalkan temannya saja. Itu kan meh banget ya 😑

Makanya daripada begitu, saya mending kerjain aja sendiri-sendiri. Toh dengan begitu semua dapat porsi yang sama. Semua mengerjakan sendiri dan tidak ada yang saling mengandalkan.

Team work, semua dapat porsi sama

Yap, bagi saya, kelompok itu harusnya team work. Kerja tim! Kerja bareng. Yang semuanya dapat porsi yang sama besarnya. Semua saling membantu. Tidak mengandalkan satu dua orang saja.

Karena ketika kita mengandalkan orang lain, hasilnya pun nggak maksimal. Bisa aja saling santai. Tapi pekerjaan amburadul nggak karuan. Bisa aja selesai, tapi jatuhnya ada yang diam-diam kesal karena merasa kerja sendiri. Eh curhat haha.

Saya paham, kerja berkelompok di sekolah itu sebetulnya sedang mengajarkan kita bagaimana bisa bekerja sama dengan baik. Belajar dengan teman memecahkan masalah bersama. Sayangnya, masih ada beberapa murid yang belum paham esensi ini. Alhasil kalau kerja kelompok mikirnya enak saja. Dia santai, tinggal bayar, dapat nilai. Oh menyebalkan sekali bukan? Semoga zaman now tidak ada lagi yang seperti itu ya 😁

Kerja sama yang terpakai seumur hidup

Karena team work ini memang terpakai banget sampai ke masa depan kita. Bukan hanya untuk pekerjaan kantoran saja yang butuh team work. Bahkan dalam kehidupan rumah tangga dan berkeluarga pun kerja sama itu tetap harus ada. Jadi dengan kata lain, kerja sama ini akan terpakai dalam seumur hidup kita. Dalam aspek apapun tentunya.

Suami cari nafkah, istri hanya mengurus rumah, rasanya itu sudah ketinggalan zaman. Yang sekarang sedang digalangkan adalah bagaimana para suami juga ikut turun tangan mengurus rumah dan anak, dan istri-istri yang mulai memberdayakan dirinya sendiri dengan menjalani minat dan bakatnya. So, tidak ada lagi cerita istri yang kekunoan dan suami yang berkuasa. Semua saling bekerja sama 😊

Dengan team work, semua akan berjalan beriringan

Ketika kita bisa bekerja sama dengan baik, jalan apapun yang ditempuh akan lebih baik. Keduanya sama-sama merasa enak. Karena saling dapat porsi dan kekuasaan yang sama.

Dengan begitu juga tidak akan ada lagi cerita yang merasa paling atau lebih. Merasa paling berkorban banyak. Merasa sudah mengeluarkan waktu dan materi yang lebih. Merasa lebih baik. Atau merasa paling-paling lainnya.

Sebab dalam team work, semua dapat porsi yang sama besarnya. Semua bekerja dengan sama banyaknya. Dan semua berjalan dengan beriringan 😊

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

Leave a Reply

Your email address will not be published.