Monday, 27 October 2014

Esensi dan Evaluasi di Hari Blogger

SOHIBUNNISA MENGUCAPKAN, 
"SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL ^_^"

Hampir dua tahun ngeblog, tapi baru ini tahu kalau ternyata 'kita' nih punya 'hari'nya lho. Itupun tahu dari teman-teman komunitas ngeblog yang pagi ini tetiba banyak posting tulisan tentang ini. Oh hari blogger tuh 27 Oktober ya. Catet tuh (De!) Nggak masalahlah ya baru tahu juga. Sing penting belum telat hehe.

Seperti yang pernah ditulis di sini, saya tidak pernah punya niat apa-apa saat awal ngeblog. Kenal blogpun baru tahun 2012 hiks. Makanya saya suka iri lihat teman-teman blogger yang lebih dulu kenal blog. Bahkan dari mereka sebagian mengaku sudah dari zaman sekolah sudah ngeblog. Aduhai ternyata masa-masa sekolah saya memang kuper banget. Tepatnya kuper soal dunia maya. Percaya atau nggak, malah dulu setiap mau nyari tugas, pasti minta temenin kakak ke warnet. Saking nggak ngerti internet :( Ampun deh. Begitu punya handphone yang rada canggihan dikit *cehileh* barulah saya mengenal internet. Sampai akhirnya sudah bisa ke warnet sendiri :D

Oke, balik lagi ke niat ngeblog. Mungkin kalian bisa baca di postingan Behind the Sohibunnisa's Blog. Di sana saya bercerita tentang bagaimana saya bisa 'nyemplung' di dunia blog. Dari mulai ketidaksengajaan hingga akhirnya mengenal berbagai komunitas blog, membuat saya semakin bersyukur Allah mempertemukan saya dengan dunia yang menyediakan wadah untuk menyalurkan hobi menulis saya. Yess. This point, menulis! Tidak peduli mau ada yang baca atau tidak, saya tetap menulis. 

Arti dan esensi blog buat saya
Blog buat saya bukan ajang mencari keuntungan. Tapi kalau kita mau serius menyelami ini, blog sebenarnya hanyalah ajang mengeluarkan isi pikiran kita. Bukan saja tentang mengeluh, tapi dunia blog luas. Pengalaman hari-hari yang kita ceritakan, bisa saja akan berguna untuk orang lain. Jika kita jalan-jalan misalnya, kita bercerita bagaimana kita bisa sampai di tempat itu hingga mencoba kuliner setempat, suatu saat ada yang tidak sengaja cari info tentang tempat itu lewat google dan 'nyasar' ke blog kita, bukankah orang itu akan bersyukur dia dapat info. Nah ajang berbagi inilah menurut saya esensi blog sesungguhnya. Ya dengan kata lain, seharusnya kita bisa memberi manfaat lewat blog kita. 

Soal rating? Saya yakin, dengan rutinnya kita menulis, memperkaya gaya tulisan dan pengetahuan kita, rating itu akan naik dengan sendirinya. Saya sudah merasakan sendiri kok. Awalnya mungkin tulisan kita agak berantakan, tapi dengan seringnya kita menulis kepekaan kita akan terasah dengan sendirinya. Asal kita mau rajin-rajin baca dan peka dengan lingkungan sekitar. Menang berbagai giveaway blogger lain, diminta mereview beberapa brand sudah pernah saya lakukan. Hasilnya? Luar biasa hehe. Mulai dari pulsa, kopi, buku hingga jam tangan GRATIS saya dapatkan. Tapi itu belum apa-apa dibanding teman-teman blogger yang lain yang jauh lebih matang daripada saya. Ah, pokoknya keuntungan blog itu luar biasalah. Kita akan dihargai dengan sendirinya tanpa diminta. Dihargai itu kan tidak semata soal materi, bahkan beberapa teman blogger bisa 'melahirkan' buku hanya karena ia seorang blogger. Banyak orang yang menyukai tulisannya, hingga penerbit menawarkannya untuk menerbitkan buku. Aaah mupeng banget! Tunggu apalagi coba. Kenali dunia blog dan selami secara serius, maka kau akan mendapat keuntungannya hehe.

Ajang evaluasi
Tulisan adalah pokok utama yang paling harus saya evaluasi. Saya tidak boleh bosan untuk rajin-rajin blogwalking dan mengamati sekitar agar kepekaan saya semakin tinggi. Rajin-rajin juga untuk ikut berbagai kontes hehe, etz bukan semata mengejar hadiah, tapi agar semakin banyak yang mengenal blog saya. Setidaknya dengan begitu blog saya tidak ditelan sendiri :))

Kalau boleh cerita, sebenarnya unek-unek saya terbesar saat ini adalah tentang desain. Kadang saya malu sendiri, ini blog udah berapa kali ganti desain ya. Aah. Harap maklum saya ini orangnya masih bosenan, jadi kalau saya bosen ya ganti. Itu berarti sudah tidak terhitung berapa kali saya bosen :( Kepikiran untuk 'manggil' desainer blog yang profesional, mungkin saja dengan didesain lebih profesional, blog saya jadi lebih kece dan tidak terlihat membosankan bagi saya. Hm mudah-mudahan ada rezekinya ya :)

-x-

Semoga di hari blogger ini, semakin banyak blog yang lebih bermanfaat. Copy paste berkurang dan lebih banyak orang yang memahami esensi blog sesungguhnya.


Keep smile, keep spirit, and keep blogging ^_^

Psst bocoran, awal bulan November blog Sohibunnisa akan mengadakan giveaway. Yuhhu akhirnyaa :D Tunggu info selanjutnya ya ^_^

No comments:

Post a Comment

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...