Monday, 2 January 2017

Review Sohibunnisa Tahun 2016

Empat tahun sudah usia blog Sohibunnisa. Terhitung baru 375 tulisan yang tayang. Ya maklum aja, dulu saya kan belum konsisten bikin jadwal harian hehe. Paling hanya konsisten satu bulan minimal satu postingan aja. Dan Alhamdulillah masih konsisten sampai sekarang. Jadi kalau diruntut, enak ngeliatnya. Setiap bulan pasti ada postingan hehe.

Baru September 2016 saya berani membuat jadwal harian. Karena semakin kesini, saya juga semakin niat untuk serius di blog. Ya hitung-hitung mengisi waktu luang sebagai ibu rumah tangga 😄 Sebenarnya sih, sudah dari tahun-tahun sebelumnya kepingin, tapi takut nggak konsisten dan dulu masih sangat random. Pas September 2016 baru berani karena saat itu saya sudah punya banyak draft tulisan dan mulai menemukan gambaran apa saja yang biasanya banyak saya tulis. Saya punya Senin Happy yang berisi lifestyle, tips, review. Rabu hobby yang berhubungan dengan hobi saya yaitu menulis dan ngeblog. Jum'at renungan yang berisi muhasabah diri tepatnya. Dan minggu yayaya, segala apa saja yang random bisa saya tulis hari ini hehe.

Baca: Yayaya, Ada yang Baru Lho di Blog Sohibunnisa

Sampai minggu ini Alhamdulillah masih konsisten. Tapi jujur, saya akui semakin kesini, ide tulisan semakin menipis. Nantilah kita bahas. Kita review dulu apa saja yang sudah saya dapat dan lakukan di Sohibunnisa selama tahun 2016.


Review Sohibunnisa tahun 2016

  • Mulai membranding blog
Meskipun tulisan saya masih random, tapi saya tetap ingin punya branding di blog ini yakni Personal & Lifestyle Blog. Branding ini saya tambahkan di tagline blog, supaya orang-orang yang mampir ke blog ini bisa dapat gambaran blog ini tentang apa. Dan tema random, ternyata bisa masuk ke niche Lifestyle Blog.

Kenapa nggak dibuat khusus? Karena sejak awal membuat blog ini, saya memang tidak meniatkan satu kategori saja, alias saya ingin menulis apa saja yang ingin saya tulis. Kecuali untuk postingan tentang buku atau parenting. Karena kedua tema itu saya sudah punya blog sendiri di Delina Books dan Celoteh Bunda.

  • Membuat jadwal

Seperti yang sudah dikatakan di atas ya. September 2016 saya berani membuat jadwal karena punya banyak draft tulisan. Tapi semakin kesini draft semakin menipis hiks. Jadilah saya harus menulis lagi. Tapi ternyata nggak mudah, karena kadang ide mentok. 

So, untuk menghindari hal ini terjadi, akan saya terapkan seperti Celoteh Bunda. Yakni saya tidak akan memaksa untuk rutin publish tulisan lagi. Saya hanya menulis sesuai ide yang ada saja. Kalau idenya hanya tentang hobi dan review, ya berarti hanya hari senin dan rabu saja saya publish tulisan. Jum'at dan minggunya tidak ada. Anggap saja itu libur hehe. Yang penting saya masih menerapkan satu bulan harus ada minimal satu postingan. Do'akan ya, saya sih berharapnya tahun depan malah semakin banyak ide. Jadi bisa rutin publish seperti sebelum-sebelumnya. Aamiin.

  • Lomba yang belum beruntung
Dibanding tahun kemarin, untuk lomba atau kontes blog saya mengalami penurunan. Selain karena mulai jarang ikut kontes, saya pun jarang menang hihi. Baru dua tulisan saja yang berhasil saya menangkan. Itupun bukan juara teratas, melainkan hanya posting tercepat 🙈

Duh, semoga kontes-kontes yang belum diumumkan, nyangkutlah ya nama saya di juara teratas. Aamiin 😇

  • Semakin bertebaran Sponsored Post
Berbeda dengan lomba atau kontes yang belum beruntung, untuk urusan job tahun 2016 Sohibunnisa malah semakin mengalami peningkatan hehe. Memang kalau dilihat dari statistiknya, blog ini semakin meningkat. 

Jadi maaf ya, kalau misalkan di sela-sela postingan ada link iklan. Harapannya tahun depan juga lebih baik lagi :D Walaupun saya tetap memastikan supaya postingan sponsored post tidak mendominasi blog ini. Karena blog ini masih ingin saya buat personal 😊

Yah kalau dilihat-lihat, sebenarnya tahun ini lebih meningkat daripada tahun 2015. Harapannya, tahun 2017 juga semakin meningkat. Semoga saya tidak pernah bosan ngeblog sih supaya semakin banyak tulisan yang bertebaran.

Ngomong-ngomong, boleh lho kalau teman-teman mau kasih saran untuk Sohibunnisa 😊 Apa saja boleh deh. Kali aja ada yang punya kritik dan saran yang bisa saya pertimbangkan 😊

12 comments:

  1. kirain cuma saya yg sering kehabisan ide buat nulis post-postan di blog, ternyata blogger seprofesional ini juga ngalamin hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum profesional kok. Masih taraf belajar juga :)

      Delete
  2. TOSS! Aku juga sepi menang-menang tahun 2016 *karena emang gak ikutan sik haha. tapi job review lancar jaya. Seneeeng! Untuk 2017 aku pengen balik lagi jadi giveaway hunter & rajin ngepost aja. Sudah. Semoga konsisten sampe akhir.

    Keren ih Mbak udah bisa komit untuk posting berjadwal. Aku pernah bikin, tapi mentok ide dan ... males. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya nih biasanya Intan rajin banget ikut Giveaway :D ayo Tan, smangat biay

      Delete
    2. Halah typo malah kburu publish. Maksudnya smangat buat kita :D

      Delete
  3. Mak Ade emang juaranya posting tercepat 😊😊😊😊

    ReplyDelete
  4. Punya 3 blog itu wow banget.
    Aku ngisi 1 blog aja keteteran.

    ReplyDelete
  5. yeyyy, semangat sohibunnisa. Makin banyak job, menang lomba, dan tetap menjadi personal blog yang luwes :* smg kl aku ke sby, kit abs kopdar ya mbak^^

    ReplyDelete
  6. Mbak Adeeee, kita sesama warga Rungkut malah belum pernah kopdar samsek yessss :)

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.