Tuesday, 2 May 2017

5 Wishlist Saya untuk Ngeblog

Saya akui dibanding tahun 2015, semangat ngeblog saya kian bertambah tahun 2016 sampai awal bulan Mei 2017 ini. Padahal tahun kemarin saya sudah punya anak dan bulan Oktober diberi Allah amanah untuk hamil lagi. Entah semangat itu datangnya dari mana. Yang pasti, setelah punya anak saya merasa justru lebih banyak ide dan ingin menuangkannya ke blog saya. 
Sampai saat ini, 4 blog saya masih terurus dengan baik walaupun masih naik turun. Blog quotes sendiri mulai jarang postingnya. Blog buku pun setelah saya paksakan baru mulai review lagi. Sedang blog ini dan Celoteh Bunda, sudah sengaja saya buatkan jadwal 2 hari sekali, tapi kemarin-marin justru ide mulai berkurang hiks. 


Tapi tak apa, toh wajar kan jika ada waktunya kita butuh istirahat sejenak. Wajar jika kadang kita tidak ide atau timbul rasa malas menulis 😁. Yang terpenting, jangan sampai tidak ide dan rasa malas ini berlarut-larut. Makanya, saya mau buat wishlist untuk semua blog saya. Khususnya tentu saja blog ini dan Celoteh Bunda 😊

Rutin ngeblog

Sungguh, ini harus ditaruh di daftar pertama supaya saya selalu ingat dan nggak malas :) Dan sepertinya saya tidak akan memaksakan untuk posting dua hari sekali lagi. Mengingat setelah direview dari akhir-akhir ini, rupanya ada kalanya saya pun sulit mencari ide. Sudah jalan-jalan ke luar, ke media sosial, baca-baca buku, ngobrol sana sini, tetap saja saya tidak mendapat ide. Mana pula sebentar lagi anak kedua saya lahir, bisa dipastikan kesibukan akan bertambah. Jadi, saya kurangi menjadi posting minimal satu minggu ada satu sampai dua tulisan saja. Ya  syukur-syukur kalau saya masih bisa menerapkan dua hari sekali untuk blog ini dan Celoteh Bunda. Sedangkan blog buku dan quotes, tetap saya terapkan satu bulan minimal satu tulisan. Semoga istiqomah sampai seterusnya, Aamiin!


Pindah hosting sendiri

Lagi-lagi ini khusus Sohibunnisa dan Celoteh Bunda. Inginnya kedua blog ini saya pindah ke hosting sendiri supaya nggak numpang di blogger lagi. Apalagi suami sudah menggoda dengan penawaran untuk memakai hostingnya dan iming-iming keuntungan kalau kita punya hosting sendiri. Mulai dari lebih mudah dan bebas diatur, untuk keperluan monetisasi yang lebih mudah, sampai kita tidak akan dilanda kekhawatiran jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan dari Blogger (ditutup misalnya, duh jangan sampai deh).


Bikin fanpage untuk masing-masing blog

Saya pernah bikin fanpage khusus untuk blog Sohibunnisa. Tapi setelah dipikir, lebih baik saya ganti saja nama fanpagenya jadi Ade Delina Putri's Blog supaya kalau ngeshare tulisan dari semua blog saya, bisa langsung di satu fanpage itu. Tapi ternyata (menurut suami) itu keputusan yang salah, hiks. Harusnya biarkan saja nama fanpagenya Sohibunnisa. Dan untuk blog lain, saya buatkan lagi fanpage baru. Alasannya supaya fokus ke masing-masing niche atau kategori dan tidak tercampur aduk. Okee, sepertinya saya mulai pertimbangkan saran dia. Untuk sekarang, yang kepikiran saya akan ubah fanpage Ade Delina Putri's Blog menjadi Sohibunnisa lagi. Dan nanti saya akan buat fanpage Celoteh Bunda. Untuk Delina Books dan Delina's Quotes, kita lihat saja nanti, alias saya belum kepikiran hehe. 

Bisa datang ke event blogger

Selama menjadi blogger, bisa dihitung dengan jari berapa kali saya datang ke event khusus blogger. Kalau masih single, mungkin bisa saja saya sering datang. Tapi karena sekarang sudah ada suami dan anak, otomatis prioritas saya jadi berubah. Makanya, sejujurnya bukan saya tidak mau. Yang pertama harus ada izin dari suami, dan kedua tentu saja harus memikirkan anak. Apalagi selama tinggal di Surabaya, saya belum pernah kemana-mana tanpa suami. Dan tidak semua event blogger boleh bawa keluarga atau anak. Harapannya sih, semoga ke depannya saya bisa datang ke event-event blogger. Saya kan juga kepingin ketemu blogger-blogger secara langsung :)

Semangat ikut lomba 

Tahun kemarin bisa dibilang bukan tahunnya saya. Karena beberapa lomba blog yang saya ikuti tidak ada satu pun yang menang hiks miris. Beda dengan tahun 2015 yang bisa dibilang tahun keberkahan buat saya (baca: Berkah di Tahun 2015) karena saya berhasil memenangkan beberapa lomba blog. Tapi tahun ini dan ke depannya, saya maunya ikut lomba-lomba blog lagi dan menang lagi. Hitung-hitung supaya saya punya keberanian untuk menerima tantangan hehe.

Ya semoga saja 5 wishlist ngeblog saya di atas bisa tercapai semua 😊

Ayo, kamu buat wishlist juga untuk blogmu ya 😁

14 comments:

  1. Keren, aku malah melotot baca awal paragraf mbak, 4 blog? dan terururs dengan baik semua. Duh duh.. aku sebiji aja masih angot2tan Mbak. Salut ya Mbak, sukses selalu untuk blog2nya :)

    ReplyDelete
  2. mbak kok bisa ngurus 4 blog hhahah..saya satu blog ngos2an...ada dua satunya terbengkalai karena blog grafis, jadi butuh banyak waktu bikin ilustrasinya...kerenn mbakkk...salam kenal yaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak. Bisa Mbak asal diniat-seriusi hehe. Semangat Mbak. Salam kenal juga :)

      Delete
  3. Teteh...inspiratif banget isinya. Kalau Lae 'mah' malah labil banget, dulu main delete site terus, mudah"an yang laelina sekarang bisa istiqomah dan produktif. Tentang hosting, jajan hostingnya kemana ya? Lae masih nyari hosting yang harganya terjangkau buat pemula. hihihi...Barakallah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Smangat Mbak. Kalo hosting sekarang udah banget jasa penyedia hosting, yang murah juga banyak. Coba cari aja ya hehe :)

      Delete
  4. Bisa datang ke event blogger salah satu wishlish saya juga mba, aminnnn :)

    ReplyDelete
  5. Wah mbak, enggak kebayang saya kalau ngurusin blog sebanyak itu. Apalagi fanpage. Ngurusin fanpage satu komunitas saja saya sudah kelimpungan, apalagi kalau banyak. Semangat ya mbak Ade! Semoga rencana bikin fan page yang lain bisa berjalan lancar. Semoga lancar juga mengolahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin ya Rabbal alamin. Terima kasih Mbak :)

      Delete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.