Wednesday, 12 October 2016

Tips Mengurus Banyak Blog

Blogging tips kali ini atas permintaan Mbak Nurin Ainistikmalia pada 29 September lalu. Jadi di komentar post saya yang ini, Mbak Nurin meminta saya untuk membuat postingan tentang bagaimana cara saya mengurus banyak blog.

Sebenarnya sih blog saya juga nggak banyak-banyak banget kok. Cuma empat. Dan sampai sekarang belum nambah. Eh, kayaknya memang nggak kepingin nambah lagi sih :v
https://image.shutterstock.com/display_pic_with_logo/2117717/247195609/stock-photo-social-media-connecting-blog-communication-content-concept-247195609.jpg
Oke, cerita dulu ya sedikit. Sejujurnya saya takut untuk punya blog lebih dari satu. Takut tidak konsisten mengurusnya. Sampai tahun 2014, saat keberanian saya menguat, barulah saya memutuskan untuk bikin blog baru khusus buku.

Awal punya blog lebih dari satu

Sudah jauh-jauh hari saya melihat komunitas pecinta buku, Blogger Buku Indonesia. Sejak awal melihat teman-teman cerita tentang BBI, saya ngiler banget untuk gabung bersama mereka. Tapi syarat yang mereka ajukan cukup berat bagi saya saat itu. Karena harus membuat blog khusus buku dan tidak boleh bercampur dengan yang lain. Sementara 2013 terhitung saya baru banget ngeblog dan masih suka nulis random.

Nah saat volume baca buku saya meningkat, dan sudah mulai belajar bikin resensi, saya memberanikan diri untuk membuat blog baru khusus tentang buku di platform Wordpress pada bulan Februari 2014.

Baca: Aku Punya Tiga Blog, Kamu?

Lalu blog yang kedua. Ceritanya dulu di blog ini saya punya halaman yang judulnya Quotes. Entah gimana caranya (saya lupa), tiba-tiba saya nyasar di Tumblr. Eh malah iseng-iseng bikin akun deh. Maka terpikirlah untuk menghapus halaman quotes di blog ini dan memasukkan quotes-quotes saya ke Tumblr.

Selanjutnya, blog Celoteh Bunda. Sudah lama, tepatnya saat saya masih hamil, saya ingin punya blog khusus untuk mengabadikan momen-momen perkembangan anak saya nanti. Tapi setelah melahirkan malah kepikirnya apa dicampur saja ya di Sohibunnisa. Iseng-isenglah saya nanya teman-teman dekat. Akhirnya kebanyakan teman menyarankan lebih baik dipisah saja. Supaya blog ini tidak semakin nano-nano :D

Baca: Cerita Celoteh Bunda

Yauwis finally sekarang saya punya empat blog deh ^^


Bagaimana cara saya mengurus empat blog?

Pertanyaannya sekarang, apakah keempat blog saya masih aktif? Jelas masih. Walaupun untuk blog quotes mulai agak berkurang hehe. Bagaimana cara saya mengurusnya?

1. Membagi jadwal

Terutama untuk blog Sohibunnisa dan Celoteh Bunda. Karena memang saya mau serius di dua blog ini. Akhirnya terpikirlah untuk membuat jadwal. Di Sohibunnisa saya akan menulis hari Senin, Rabu, Jum'at, dan Minggu. Celoteh Bunda sisanya, hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Jadwal ini dimaksudkan untuk publish saja. Karena sebenarnya saya menulis setiap hari. Alias bisa saja hari Senin saya menulis untuk blog Celoteh Bunda, hari Selasanya baru menulis di Sohibunnisa. Yang penting postingannya dipublish sesuai jadwal tadi.

Baca: Yayaya, Ada yang Baru Lho di Blog Sohibunnisa!

Kok bisa? Kan sudah punya anak? Yap. Karena itu justru saya bisa lebih fokus. Saya tidak lagi main-main saat ingin menulis. Setelah urusan anak dan pekerjaan rumah selesai, saya fokus menulis dan menghindari distraksi atau gangguan gadget atau media sosial misalnya.

Lalu untuk blog buku dan quotes, itu random. Kapan pun saya mau menulis ya menulis saja. Tanpa terikat hari seperti dua blog tadi.


2. Menyiapkan draft tulisan sebanyak-banyaknya

Karena sudah ada anak, saya berusaha untuk membuat artikel sebanyak-banyaknya. Tadinya satu hari hanya membuat satu artikel, sekarang saya bisa membuat dua sampai empat artikel. Caranya gimana, ya itu tadi fokus :)

Banyak draft ini berguna banget. Terutama saat saya sedang tidak ada ide atau sedang malas menulis. Saya tetap punya tabungan tulisan dan tinggal dipublish saja.

3. Memanfaatkan handphone

Tentu saja saya tidak bisa menyalakan laptop 24 jam terus-terusan. Maka kalau ada deadline atau saat iseng membaca draft di handphone, kemudian ada yang perlu diedit, ya saya langsung edit lewat handphone. Tapi tidak menulis dari awal ya. Karena sampai sekarang saya masih belum bisa atau tepatnya belum srek untuk nulis lewat handphone.

Begitu pula dengan balas komentar. Jadi sekarang saya memang sangat sering buka blog lewat handphone.


Tips bagi yang ingin ternak blog

Punya blog lebih dari satu ini sekarang dikenal dengan ternak blog. Nah bagi teman-teman yang memang ingin punya blog lebih dari satu seperti saya, mungkin saya bisa membagikan sedikit tips di bawah ini:


1. Tetapkan tujuan membuat blog

Bikin blog baru untuk apa? Kalo cuma happy-happy aja dan tidak menghasilkan, sebaiknya tunda dulu. Dalam artian, kalau tidak serius, punya satu blog sudah cukup kok. Apalagi kalau kamu memang masih suka menulis random.


2. Tentukan niche blog

Tentukan satu niche atau kategori di blog baru kamu. Misalkan kamu sudah punya blog lifestyle atau random, maka jangan buat blog baru random lagi. Usahakan bikin kategori baru. Bisa dilihat dari kesukaan kamu. Misalnya suka baca buku, kamu bisa bikin blog buku. Untuk langkah awal, kamu bisa menceritakan segala hal tentang buku. Selanjutnya - kalau kamu terus belajar, insya Allah bisa berkembang membuat resensi, dan seterusnya. Jadi intinya bikin blog baru dengan tujuan yang beda.

3. Fokus

Sudah punya blog lebih dari satu, maka langkah selanjutnya adalah fokus. Jauhi distraksi yang sekiranya bisa mengganggu kamu. Gadget, media sosial, dua hal ini biasanya distraksi paling besar. Hayo ngaku? :) Kan sudah niat untuk serius, maka fokuslah mengurus blogmu, menulis dan isi blogmu dengan konten yang bagus :)


4. Belajar

Misalkan kamu sudah membuat blog buku, biar tidak bingung, banyak-banyaklah bergabung dengan teman sesama pecinta buku. Atau sekali-kali jalan ke toko atau pameran buku. Dari situ blogmu bisa berkembang. Jadi tidak hanya membuat resensi, tapi kamu juga bisa bercerita dari sudut pandang lain tentang buku. Contoh lain travelling, ya gabunglah dengan komunitas pecinta travelling.

Intinya dengan bergabung atau berkumpul dengan komunitas, ilmu kamu pasti akan bertambah. Karena secara tidak langsung, dari merekalah kamu bisa belajar. Selain itu, komunitas juga bisa menambah kepekaan kita. Misalkan saja ada yang posting tentang sesuatu, kita bisa mengambil hikmah atau sudut pandang lain dari postingan tersebut. Ya dengan kata lain, terinspirasi gitulah :)

5. Tambahan

Ini sekedar tambahan aja sih. Setelah punya blog lebih dari satu, kamu bisa membuat jadwal supaya tidak bingung. Misalnya hari ini menulis di blog A, besoknya di blog B. Tujuannya biar terarah dan blog-blog kamu tetap ter-update.

Lalu kamu bisa membagikan blog baru kamu di media sosial atau komunitas yang kamu ikuti, supaya blog kamu lebih dikenal.

Terakhir, ngebloglah sesuai passionmu, agar kamu tidak merasa terbebani. Blog punya kita sendiri ini kan, jadi tidak ada yang mengejar-ngejar. Kecuali kalau memang kita bekerja sama dengan orang lain yang memiliki deadline.

Oke, 5 tips saja dari saya bagi kamu yang memang mau punya blog lebih dari satu. Semoga membantu ya. Dan semoga kita semua tetap bisa konsisten ngeblog ^^

Smangat!!! ^^

45 comments:

  1. asyiiik... makasi ya mak dah menuliskan ini... berguna banget buat saya... keep writing and sharing... semangaaat! 😘

    ReplyDelete
  2. Aku juga punya 4, eh lima. Baru bisa fokus di 2 blog,sisanya ga keurus. Beneran sih soal manajemen waktu ini mah.

    ReplyDelete
  3. Saya juga punya 4 blog tapi yg dua nggak pernah update :((

    Butuh konsisten yg serius nih saya.
    Makasih tipsnya mbak.

    ReplyDelete
  4. Whoaaaa, super banget deh Mbaknya.. Saya masih nggak bisa karena dari jam 8 pagi sampe jam 6 kerja kantoran dan kerjaan cukup padat.. Bisa sih kalo malem atau weekend, tapi kok kayaknya nggak ada istirahatnya demi blog kalo gitu.. >,< Aku sih jadi pengunjung setia blog-blog mbak aja deh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya kalo masih kerja kantoran memang lebih besar usahanya :D
      Terima kasih Mbak ^^

      Delete
  5. Aku mah kabita pengen bikin blog buku untuk saat ini maish nyampur dulu ah belum berani misahin bisi ga keurus aku malah zolim *lebay* hahaha.. Keren mba bisa sampe 4 :)
    Punya 1 saja udah empot2an hahaha mesti curi2 waktu saat dikantor atau relain begadang klo dirumah.

    ReplyDelete
  6. Saya punya beberapa. Blog lama, blog buku, blog yang pakai TDL. Punya tumblr juga. Dianggurin semua karena fokus ke blog utama.
    Btw.. Thanks tips-nya, Mbak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya Mbak Yanti punya blog buku juga kan? Sayang ih kalo ga diterusin :D

      Delete
  7. aku punya empat juga mbak, dan yg diseriusin sekarang juga dua. bedanya sama mbak ade, saya blas gak punya draft tulisan. nulis ya buat langsung diposting. haha
    masih kebanyakan distraksi, dan belum teratur nulis tiap hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya juga gitu kok. Nulis langsung posting. Cuma ya karena udah ada anak. Kudu manfaatin waktu hehe :D

      Delete
  8. makasih tipsnya, haduuuh saya jg muali ga fokus nih punya 4 blog!

    ReplyDelete
  9. aku punya satu ini aja nyutnyutan kalau ga update-update :))
    makasih tips nya mbak

    ReplyDelete
  10. Hihi, sejujurnya tiap buka fb, ada notifikasi KEB, aku nggumun sendiri dengan yang namanya Ade Delina Putri yang bisa posting tiap hari meski beda blog. Salut, keren, plus ngiri. Hihihi. Kalau aku angkat tangan tinggi2. Makanya aku belum niat monetize, takut nggak bisa konsisten. Hihihi.

    Kalo bisa disiplin buat jadwal, bikin draft dsb jalannya entar bisa enak ya. Cuman aku ini paling buruk dalam manajemen waktu. Kadang nulis juga mood2an. Moodnya pingin nulis di blog ya ngeblog, pingin nulis di fb, ya nyetatus. Ah, ruwet ini emak. :D

    Lanjutkan ya, semoga menginspirasi buat emak yang lain. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ga tiap hari nulis kok Mak. Kadang ada saatnya males atau ga ada ide :D Cuma ya jadinya harus punya draft banyak biar tetep update :v

      Mak Isna juga rajin bikin status panjang, atuh dipindahin aja ke blognya kan bisa :D

      Aamiin, semoga bisa konsisten juga ya hehe

      Delete
  11. Nambah lagi, hihihi. Setelah kubaca penuh (tadi keburu anak rewel :D), lebih nggumun lagi. Sehari bisa nulis 2- 4 artikel. :D Kalo aku sekali nulis harus dirampungkan saat itu juga, dan akan diposting hari itu juga, kalo enggak nanti malah nggak selesai2 dan kadang pas sudah jadi pun malah nggak jadi diposting (loh?!) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kalo aku biasanya bisa langsung jadi, bisa juga engga. Kata lainnya bikin draft kasar gitu. Baru besoknya diedit lagi :D

      Delete
  12. kalau aku sih punya dua blog, blog yang satunya buat cerita anak n keluarga malah jarang sekali update.. karena cuma fokus ke Nashhah, gak pernah ngatur jadwal..he2, padahal penting ngatur jadwal biar adil he2

    makasih postingannya mba..ade.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biar adil hihi.
      Sama-sama, ayo smangat Mbak :D

      Delete
  13. Wah tipsnya mantap
    Terutama buat aku yang ngeblognya masih senin kamis. Senin malas, kamis belum tentu nulis *nunduk malu*

    ReplyDelete
  14. Mba Ade punya 4 blog? ckckck hebat euy! saya saja ngurusin 1 blog udah ngos-ngosan.

    perlu dicatat nih tips-tipsnya.

    makasih yah Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi dibawa santai aja Mbak :)
      Semoga bermanfaat ya. Smangat :D

      Delete
  15. Memang kalau rase malas nak diikotkan, punye satu blog pun tak tekerjekan. Thanks buat tipsnya ya, semoga bisa diterapkan oleh diri ini. :-D

    ReplyDelete
  16. Hebat bisa punya 4 blog...:) salut deh mbak, saya punya 1 aja, kelabakan :D belum ngurus yang lain...bagus tipsnya mb Ade..buat draft sebanyak2nya ya..note buat saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip. Tapi foto-foto di blog Mbak Dewi bagus lho :D

      Delete
  17. Sejujurrnya saya punya banyak blog. Beberapa diantaranya udah gak jelas soalnya lupa pakai email yang mana. Setelah membaca tulisan di atas, saya jadi kepikiran untuk serius mengumpulkan blog2 yang masih saya ingat dan mengklasifikasikannya. Terima kasih buat inspirasinya.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak.
      Wah keren. Ayo dikumpulkan lagi Mbak :D

      Delete
  18. perfeksionis banget dah bisa ngurus 4 blog, ciamikkk. aku yang punya 1 blog aja keteteran halahhh

    ReplyDelete
  19. Aarhhh tengkyu bgt Mbak.. lagi perlu banget nih buat berguru.. trimsssss

    ReplyDelete
  20. Bisa bisa diterapin, kebetulan juga saya baru punya beberapa blog :D, cuma kurag fokusss ja hmmm

    ReplyDelete
  21. Wah Mbak Ade, keren, empat-empatnya masih aktif. :). Intinya konsisten dan kerja keras ya.

    Saya untuk sementara cukup satu dulu yang mau diseriusin.

    Makasih banyak Mbak atas sharing dan tipsnya ya. :)

    ReplyDelete
  22. Empat blooooooggg, ya ampun mbaaa... AWESOMEEE... Saya satu aja harus sering2 semedi buat dapat wangsit nulis artikelnya... :D Sukses terus ya mbak ade... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha dibawa santai aja Mbak :D
      Aamiiin, makasih :)

      Delete
  23. Wow kereen sekali punya 4 blog, aku punya satu juga jarang update. Tapi makasih ya sharingnya.

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...