Ceritanya sekarang saya mau review salah satu smartphone yang sudah cukup terkenal. Tentang handphone yang sudah menemani saya selama satu tahun lebih. Tepatnya yang saya beli waktu April 2015 lalu dengan harga 1.450.000 rupiah.

Sengaja saya baru mereview sekarang karena menunggu apakah smartphone ini bisa awet selama satu tahun atau tidak. Mengingat saya bukan termasuk orang yang awet kalau pakai barang termasuk smartphone yang dipakai sebelumnya yang bertahan kurang dari satu tahun :v

Oke, langsung saja ya. Ini dia:

Xiaomi Redmi 2

Sebut saja Mi-2. Yes, handphone inilah yang akan saya review. Sebenarnya bukan review lengkap sih. Lebih ke fitur-fitur yang saya suka saja yang ada di dalamnya. Beneran saya suka banget sama tampilan Xiaomi. Apalagi setelah diperbarui jadi MIUI 8.

Oh ya, postingan ini bukan sponsorship atau berbayar atau lomba ya. Murni dari saya, karena memang suka. Kemudian berharap ada endorse dari Xiaomi.

http://photocanon.com/xiaomi-redmi-2/

11 Fitur yang saya suka dari Xiaomi Redmi 2:

1. Tampilan awal

Ini tampilan awalnya. Xiaomi tidak seperti handphone lainnya yang memiliki key menu. Tapi untuk melihat menu (selain yang ada di bagian depan), cukup geser saja ke kanan dan semua menu sudah tersedia. 
ini menu setelah digeser ke kanan
Temanya lucu yah? Hehe iya, nanti saya jelaskan.
Selain itu setiap ada pesan dari media sosial atau SMS atau telepon yang tidak terjawab, akan muncul angka 1. Sebagai penanda bahwa ada pesan atau telepon yang belum kita jawab. Bisa dilihat angka 1 di ikon WhatsApp di atas.

2. Folder Menu

Bagian menu ini enaknya bisa difolder tanpa harus membuat folder. Misalnya gini, saya mau mengelompokkan akun-akun google seperti Gmail, G+, Youtube, Maps, dan lain-lain dalam satu folder. Cukup arahkan Gmail ke G+ nanti folder akan otomatis terbuat sendiri, selanjutnya kita tinggal masukkan akun-akun lainnya saja dan mengganti nama foldernya.
nah seperti ini.
Setelah disatukan semua, jadilah folder.

3. Toggle

Toggle ini maksudnya yang biasanya buat konekkin Wifi, mobile data, bluetooth, mengaktifkan mode silent, menyalakan senter, dan lain-lain itu lho. Nah di Mi-2 tampilannya saya suka banget. Tinggal digeser-geser saja. Jadi tidak memakan tempat. Karena sebelum diperbarui, tampilannya full satu layar.

4. Tema

Biasanya kan tampilan handphone standard ya, berbeda dengan Mi-2 yang sudah memiliki tema-tema bawaan. Kita tinggal download saja. Gratis! Jadi tidak perlu lagi menginstall aplikasi dari luar untuk mengganti tema. Temanya lucu-lucu dan banyak pula. Salah satunya tema yang sedang saya pakai di atas. Gara-gara lucu inilah saya sering banget ganti tema. Memang sih jadi agak boros untuk baterainya. Yatapi gimana dong, lucu-lucu sih hihi.

Oh ya, dulu juga ada fitur font yang bisa diganti-ganti. Tapi entah kenapa dihilangkan huhu. Jadi font yang ada sekarang ya standar font saja.

5. Explorer

Explorer ini berisi data-data di handphone kita. Foto, musik, dokumen, dan yang kita download dari luar. Yang saya suka, dibuat daftar gitu tampilannya. Enak dilihatnya

6. Galeri Foto

Setelah diperbarui, tampilan galeri foto Mi-2 pun berubah. Dibedakan antara foto-foto yang ada di memori internal dan memori eksternal. Begini nih:
Yang atas internal, yang other bawah itu eksternal
Tampilan foto di memori eksternal
*ups banyak banget itu koleksi fotonya :v

7. Send image

Masih berhubungan dengan foto, jadi kalau kita mau mengirim foto dari gallery, maka send nya menyamping. Saya memang lebih suka dibuat begini.
lihat bagian paling bawah yang menyamping

8. Folder Notes

Katanya sih handphone lain tidak bisa. Tapi berbeda dengan Xiaomi, fitur notesnya bisa difolder. Ini tentu saja memudahkan saya sebagai blogger. Apalagi saya punya empat blog. Jadi berguna banget buat menyimpan ide-ide tulisan dari masing-masing blog di folder yang berbeda.

9. Setting Volume

Kalau biasanya handphone hanya ada satu pengaturan volume, di Mi-2 ada tiga setting volume. Untuk nada dering, alarm, dan media. Misalnya kita mau supaya tidak berisik, tinggal dimatikan volume nada deringnya. Alarm dan media tetap menyala. Volume media ini maksudnya kalau misalkan kita buka musik, youtube atau video-video. Sebenarnya ada satu lagi setting volume tambahan. Yakni volume suara telepon. Jadi saat kita telepon, baru muncul settingan volume ini.

10. Security

Sebelumnya, saya termasuk orang yang cuek soal keamanan handphone. Dengan kata lain malas mengunduh aplikasi security hihi *bandel. Tapi di Mi-2 sudah ada bawaannya. Karena tinggal pakai saja akhirnya cukup sering saya gunakan. Untuk membersihkan cache agar tampilan handphone tidak menjadi berat dan membersihkan virus.

11. Swift Key

Ini juga tidak kalah saya suka. Swift Key. Selain emoticonnya lucu-lucu, juga ada prediction text nya juga. Kalau kita sering mengetikkan kata “Aku” misalnya. Sekalipun kita salah menulis jadi “Aka” maka prediction text “Aku” akan muncul. Makanya, kadang kalau lagi malas, sengaja saya salah ketik, toh ada prediction, tinggal klik aja hehe.

Nah itulah 11 fitur dari Xiaomi Redmi 2 yang saya suka. Sebenarnya ada lagi sih, seperti kamera yang bening seperti kamera 360 walaupun kamera depan hanya 5 MP dan belakang 8 MP. Lalu, dual SIM. Dan layarnya sudah gorilla glass jadi tidak mudah tergores.

Soal kekurangan sih pasti ada. Seperti kameranya gelap kalau di tempat gelap. Kecuali pakai flash, itu pun kadang jadi kuning huhu. Dan masih ada kekurangan lainnya. Ya namanya juga buatan manusia ya hehe 😀

Oke, sekian review singkat saya. Thanks Xiaomi Redmi 2 masih menemani saya hingga saat ini ^_^

Bagaimana dengan teman-teman? Ada yang pakai handphone Xiaomi juga? Atau pakai Redmi 2 seperti saya? Share dong 😀

15 thoughts on “11 Fitur Inilah yang Saya Suka dari Xiaomi Redmi 2”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *