komunitas online

Ini Dia Nih Manfaat dari Bergabung Komunitas Online Maupun Offline

Kalau tidak aktif di media sosial tahun 2011 silam, mungkin saya nggak akan mengenal yang namanya komunitas. Awalnya saya berkenalan dengan komunitas menulis di dunia online. Lalu komunitas buku, komunitas blogger. Sampai akhirnya, sekarang saya malah gabung banyak komunitas online dan offline. Komunitas parenting, komunitas montessori, sampai komunitas para ibu.

Buat saya yang pemalu, ikut komunitas gini bersyukur banget. Bikin saya lebih berani buat nunjukkin diri. Mungkin karena saya juga mencari yang sesuai dengan minat saya ya. Jadi mau menunjukkan hasil karya pun ya enak aja. Kalau ngumpul juga lebih seru karena apa yang diobrolin ya nyambung semua.

Manfaat bergabung komunitas online maupun offline

Nggak cuma itu. Bagi saya gabung dalam komunitas online maupun offline itu juga punya manfaat lain. Antara lain:

Menambah relasi

Apalagi pas saya jadi ibu rumah tangga yang jarang keluar rumah kayak sekarang. Gabung di banyak komunitas, meskipun cuma ketemu lewat online, bikin saya jadi punya banyak kenalan baru. Bahkan ada yang dari luar kota. Ada beberapa yang memang belum saya kenal secara nyata, tapi karena seringnya interaksi yang terjadi dalam grup, bikin kita jadi kayak ngerasa dekat aja gitu.

Kayak misalnya saya ikut komunitas dakwah bernama MJWJ. Pas saya pindah ke Surabaya, saya gabung dengan anggota MJWJ lain yang sudah menikah. Begitu ketemu, ya kayak temenan udah lama aja gitu. Padahal sebelumnya belum pernah ketemu sama sekali. Cuma karena udah sering komunikasi di grup ya nggak ada rasa sungkanan aja 😀

Hal seperti ini bikin saya bersyukur. Saya jadi punya teman baru deh. Dan mungkin akan jadi keberuntungan lain ketika saya keluar kota. Bisa aja saya bertemu dengan teman komunitas yang ada di kota tersebut. Dan kemudian kami saling kopdar. Aamiin 😁

Meningkatkan wawasan

Bukan hanya nambah relasi, komunitas juga bikin wawasan kita meningkat. Karena biasanya kita akan saling berbagi ilmu dan pengalaman. Misalnya si A dapat ilmu baru dari seminar yang dia ikuti, lalu dibagi di dalam grup. Atau ketika si X lebih jago dalam hal menulis, dia kasih tips-tipsnya di dalam komunitas menulis.

Nah hal-hal kayak gitu yang bikin komunitas jadi terasa banget manfaatnya. Karena saling berbagi hal-hal yang positif.

Menambah hiburan

Dalam komunitas juga biasanya ada kalanya saling bercanda. Untuk orang-orang yang punya aktivitas padat, manfaat komunitas yang ini pasti terasa banget. Karena ketika kita nimbrung di grup, bisa jadi nggak suntuk lagi karena ada hiburan-hiburan dari temannya. Ada broadcast-broadcast lucu yang dibagikan. Atau ketika kita lagi sedih, curhat, teman-teman komunitas bisa menghibur.

Menambah rezeki

Seperti komunitas blogger misalnya. Ada komunitas yang khusus memberi pekerjaan untuk blogger. Pastinya ini bisa menambah rezeki kan 😁 Atau sesederhana ketika kita butuh sesuatu, ternyata teman komunitas kita punya dan mau meminjam atau memberinya, alhasil kita jadi nggak kesusahan lagi.

Dan banyak contoh lainnya. Yang sebetulnya rezeki itu juga nggak melulu materi. Dapat kenalan baru itupun sudah termasuk rezeki. Lagi pula siapa yang senang bersilaturahmi kan rezekinya dilancarkan 😊

Memberi solusi

Contohnya ketika Y sebagai ibu bertanya cara menangani diare anaknya. Ibu-ibu lain bisa memberi solusinya. Ketika lagi ada masalah, curhat, bisa juga anggota komunitas ngasih solusi yang baik. Jadi ya komunitas isinya nggak cuma senang-senang aja, tapi seringkali juga bisa memberikan solusi.

Komunitas punya banyak manfaat positif

Ternyata bagus ya manfaat-manfaat bergabung di komunitas. Baik itu di dunia maya, maupun dunia nyata.

Makanya sekarang sudah tidak zamannya lagi media sosial di dunia online dianggap negatif. Karena tergantung bagaimana cara kita memanfaatkannya. Semua bisa jadi positif kalau kita mau menggunakannya secara positif. Termasuk dalam hal komunitas tadi.

So, kalau kita punya minat dan bakat tertentu, nggak usah ragu untuk gabung dalam komunitas yang sesuai. Karena bisa jadi, dari komunitas itulah kita mendapat masukkan-masukkan baru. Dan tentunya teman-teman yang baru 😊

Gimana, teman-teman sudah tergabung dalam komunitas apa saja nih? 😊

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

Leave a Reply

Your email address will not be published.