Monday, 25 July 2016

Karena Sekecil Apapun Manfaat, Itu Merupakan Sebuah Penghargaan

Pernah suatu ketika ada yang bicara pada saya, "halah blogmu kebanyakan curhat." Hmm, kalau saya tidak ingat bahwa curhatan-curhatan saya memang tidak bermanfaat, barangkali saya bisa baper. Merasa bahwa blog saya tidak ada gunanya. Tapi kalau mengingat belakangan ini banyak yang merasa tulisan saya berguna buat mereka, maka saya cuek saja menanggapi kalimat orang tadi.

Iya, tulisan di blog ini memang kebanyakan hanya curahan-curahan hati atau isi pikiran saya yang amat sederhana. Yang lagi-lagi awalnya memang hanya diniatkan untuk diabadikan. Tapi saat saya mulai berani membagikan tulisan tersebut ke media sosial, justru tulisan-tulisan itulah yang seringkali membuat saya terharu. Bagaimana tidak, kalau dari tulisan sederhana itu saya menerima banyak ucapan terima kasih.
https://pixabay.com/id/photos/?q=people+writing&image_type=&cat=&min_width=&min_height=
Postingan Jodoh yang Tak Pernah Terduga salah satunya. Karena tulisan itu, sampai saat ini saya sudah menerima beberapa email dan curhatan teman-teman tentang masalah jodoh. Saya tidak pernah berpikir bahwa tulisan ini akan berdampak bagi beberapa orang. Bahkan niat saya hanya ingin berbagi 'keseruan' pernikahan saya dan suami yang sama sekali tidak pernah disangka. Tapi mana tahu ternyata tulisan ini sudah mendapat views hingga ribuan.

Jadi apa yang bisa saya simpulkan adalah, tidak semua yang kita kira sepele menjadi sesuatu yang sepele. Curahan-curahan hati saya barangkali tidak berguna bagi sebagian orang. Tapi di sisi lain, ada orang yang membutuhkannya. Terlepas dari ia benar-benar membutuhkan atau hanya sekedar mampir lalu merasa tulisan itu ada manfaatnya bagi orang tersebut.

Sejak awal, saya memang tidak pernah berniat membuat blog ini sebagai tempat mencari materi. Karena saya hanya mencari tempat dimana saya bisa menulis sesuka saya. Tempat dimana saya bisa mencurahkan segala isi pikiran. Tapi meski begitu, saya seringkali berusaha menulis sesuatu yang setidaknya meninggalkan manfaat walaupun sedikit. Karenanya saya tidak bisa atau mungkin tidak mau menetapkan satu kategori saja atau dengan kata lain niche di blog ini. Jadi biarlah mengalir sesuka hati saya :P

Kalaupun teman-teman melihat ada beberapa postingan sponsorship di blog ini, itu pun karena lagi-lagi saya tidak menyangka jika dulu ada salah satu brand yang menghubungi saya via email. Dan kemudian selanjutnya justru saya mulai sering menerima email untuk tawaran kerja sama lain. Bagi saya itu hanyalah sebagai bonus. Ya, bonus yang barangkali merupakan sebuah penghargaan untuk saya sendiri atas jerih payah membangun blog ini selama empat tahun.

Bagi saya, sekecil apapun tindakan, jika kita mulai menerima hasil yang dirasakan manfaatnya bagi banyak orang, maka itu sudah termasuk sebuah penghargaan yang besar. Layaknya seorang pimpinan perusahaan yang memberikan sebuah penghargaan sebagai wujud terima kasih atas kerja keras karyawannya. Seperti kakak saya yang bekerja di salah satu perusahaan swasta multinasional. Saat menjelang hari raya, setiap karyawan akan diberi beberapa Voucher Belanja Sodexo. Yang berupa gift pass yang merupakan salah satu bagian dari Merchant Sodexo. See, barangkali terlihat sepele. Tapi mana tahu kalau ternyata voucher tersebut sangat berguna baginya untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan rumah tangga.
http://sodexobenefits.co.id/en/merchant/sodexo-gift-pass
Well, kembali lagi pada kalimat teman saya di atas. Pada akhirnya saya hanya bisa berkata, setiap tulisan akan memiliki pembacanya sendiri. Dan sekecil apapun manfaat yang dirasakan banyak orang, itu merupakan penghargaan terbesar bagi seorang penulis.
Kita tidak akan pernah tahu jika ternyata sesuatu itu bermanfaat jika kita tidak melakukannya. - Ade Delina Putri
Semangat! ^^

13 comments:

  1. Setuju mba.
    Setiap tulisan memiliki pembacanya tersendiri.
    Kalau sekedar nyinyiran tanpa solusi saya pasti mengabaikannya.

    ReplyDelete
  2. Mari kita menulis yang menarik dan bermanfaat
    kelak kita akan merasakan manfaatnya juga
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk. Setuju Pakde ^^
      Salam hangat dari Surabaya

      Delete
  3. Betul, jika tidak kita tuliskan, dari mana kita bisa tahu kalau pemikiran itu bermanfaat atau tidak buat pembacanya

    ReplyDelete
  4. i'm with you lah del, dulu sebel tulisan dicopas orang makin lama kemudian meniatkan tulisan untuk sosial
    tulisan indahnya disimpen dulu smg punya waktu dan ide jadiin buku LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ^^ curhatanku aja pernah ada yg copas :v

      Delete
  5. Betul banget, Mbak.
    Blogku juga awalnya itu sekadar tulisan anak SMA. Bahkan ada puisi tentang hewan peliharaanku yang kalo kubaca lagi rasanya konyol sekali.
    Lha aku yang nulis aja ngerasa lucu sama postinganku itu, apalagi orang lain ya? *mungkin

    Tapi ga apa-apa. Karena awalnya aku nulis di blog juga cuma ganti media yang dulunya nulis di kertas. Kalo akhirnya ada tawaran kerjasama terus kesininya ada postingan sponsorship, alhamdulillah bonus ya ga, Mbak?

    Semangat!

    ReplyDelete
  6. Hehe blogger kayaknya pernah mengalami masa-masa alay itu ya :D

    Yess bonus bagi kerja keras kita selama bertahun-tahun ngeblog :D

    ReplyDelete
  7. tulisan yang sangat menginspirasi mbak. sangat membantu memotivasi saya. :). btw, salam kenal ya mbak ade. sukses selalu.

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...