Wednesday, 25 October 2017

Apa Sih Manfaat Aktif di Komunitas?

Waktu baru hijrah dulu (lepas dari pacaran), saya sengaja nyari-nyari kegiatan yang positif. Iya dong supaya nggak baper mulu karena kebawa masa lalu. Salah satu pilihan kegiatannya adalah BERKOMUNITAS. Yap, jadi bener banget waktu teman saya bilang, "komunitas itu sebagai sarana buat kita belajar, arahnya sih ke 'daripada pacaran' mending nyibukin diri aktif di komunitas, aktif di kegiatan-kegiatannya."
via Pixabay
Couldn't agree more lah kalau menyibukkan diri dengan komunitas itu JAUH LEBIH BAIK untuk MOVE ON haha. Tentu saja komunitas yang positif yaa. Dan saya termasuk yang aktif di komunitas islami, penulis, blogger, sampai bisnis pun pernah juga hihi. Ya, meskipun sekarang lebih banyak aktif di online karena semenjak nikah dan punya anak, saya jarang aktif lagi di event offline komunitas-komunitas itu. Nggak apalah ya. Toh manfaatnya masih sangat bisa saya rasakan sampai saat ini.

So, selain bisa bikin move on, apa saja sih manfaat kita AKTIF di komunitas? Ini juga berdasarkan survey yang saya himpun dari status saya beberapa waktu lalu. Dan saya setuju banget dengan jawaban-jawaban dari mereka.

Here we go!

Manfaat aktif di komunitas

  • Pengembangan, aktualisasi diri

Hidup itu bakal asyik kalau kita sudah menemukan apa yang kita MINATI. Yah, bahasa kerennya PASSION. Misal aja kita suka nulis. Jika kita bergabung bersama orang-orang yang suka menulis, maka kita bisa belajar banyak dari mereka. Belajar dari membaca tulisan-tulisan mereka, teori-teori kepenulisan yang disampaikan mentor (kalau sekiranya komunitas tersebut ada guru atau mentornya). Dengan belajar itu, otomatis dengan sendirinya kemampuan menulis kita akan semakin terasah. Apalagi berkumpul dengan orang  yang memiliki minat yang sama, biasanya akan saling menyemangati 😊

Baca: 5+1 Alasan Mendadak Susah Menulis

  • ‌Menjaga semangat. 

Nah ini yang dibilang di poin pertama. Yakin deh kalau kita punya minat, tapi menyendiriiii aja, bukan nggak mungkin kalau lama kelamaan kita bisa kehilangaan minat tersebut. Ya karena nggak ada yang menyemangati. Contohnya waktu saya lagi malas ngeblog, terus sharing dengan teman blogger. Disitu saya malah dipecut, "ayo De semangat lagi. Sayang lho kalau blognya sepi." So, saya jadi semangat lagi deh. Coba kalau saya sendirian, mana ada yang nyemangatin kan hehe.

  • ‌Silaturahmi, network. 

Dengan berkomunitas otomatis kita akan bertemu orang-orang baru. Bertemu mereka, bisa jadi ajang silaturahmi bagi kita. Dan orang-orang baru inilah yang bisa menjadi network (jaringan) buat kita.  Ketika misal kita lagi mengalami kesulitan cari kerja, lalu iseng-iseng nanya ke teman-teman di komunitas. Eh ternyata dapat tuh info lowongan pekerjaan yang cocok buat kita. Trus kita melamar, dan diterima di pekerjaan tersebut. Yes, itulah contoh manfaat dari punya network. Ketika kita punya banyak network, banyak teman, maka kehidupan kita bisa jadi dipermudah. Kan banyak silaturahmi banyak rezeki 😁

  • ‌Berbagi informasi.

Ya kayak tadi, misalnya kita lagi cari kerja, eh teman kita menginfokan lowongan pekerjaan. Di sinilah maksudnya berbagi informasi. Jadi dengan kata lain, tidak hanya berbagi informasi yang terkait dengan minat atau komunitas tersebut aja, tapi juga bisa berbagi informasi yang cakupannya lebih luas.

  • ‌Berbagi aspirasi, ilmu dan pengalaman.

Siapa bilang berbagi itu HANYA dengan materi. Nay nay nay! Berbagi itu bisa banyak hal. Berbagi pendapat. Misal komunitas nulis nih (hehe maaf ya lagi-lagi contohnya nulis 🙈). Ada yang share tulisannya, lalu minta pendapat. Nah kita bisa berbagi pendapat kita. Atau ketika ada yang membagikan pengalamannya lewat tulisan, lalu kita merasa tulisan itu sangat bermanfaat bagi kita. Yah, pokoknya di komunitas itu kita bisa berbagi apa saja. Bahkan kita juga bisa saling sharing ilmu di komunitas yang sudah kita dapatkan dari luar. Dari pengalaman masa lalu atau membaca buku misalnya.

  • Belajar banyak hal: diskusi, menyampaikan gagasan, memahami karakter.

Selain berbagi, komunitas juga bisa menjadi ajang bagi kita untuk belajar banyak hal. Belajar diskusi, gimana sih supaya kegiatan di komunitas berjalan dengan aktif, tentunya perlu diskusi kan. Menyampaikan aspirasi (pendapat), ketika kita punya gagasan, kita juga bisa menyampaikan di dalam komunitas. Hingga belajar memahami karakter orang lain, kemampuan ini akan terasah dengan sendirinya kalau memang kita mau belajar peka melihat teman-teman di komunitas kita. Dengan begitu, biasanya bikin pandangan kita jadi lebih terbuka 😊


Wuih ternyata banyak banget ya Manfaat Aktif di Komunitas itu. Saya sendiri Alhamdulillah sudah merasakan semua manfaatnya.

Tinggal kamu nih, manfaat apa sih yang kamu rasakan ketika kamu aktif di sebuah komunitas? Share yuk! 😊

13 comments:

  1. Manfaatnya memang luar biasa. Aku juga merasakannya. :D Sayang, aku cuma bisa aktif di satu komunitas. Kalau dua atau tiga, malah nggak bisa fokus. :'D

    ReplyDelete
  2. Aku pengen gabung di suatu komunitas, yang syukur2 sesama hobi. Biar enak kalau sharing. :)

    ReplyDelete
  3. kalo saya disini bergabung dengan komunitas sebagai obat rindu. Saatnya bebicara dengan bahasa sendiri, makan Indonesia dan curhat tanpa harus translate dulu...keburu ilang mood curhatnya kalo mikir kelamaan.

    ReplyDelete
  4. network positif datangnya dari komunitas, itu sih yang saya rasakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mbak, setuju saya juga network yg positif :)

      Delete
  5. Kalau saya manfaat berkomunitas itu bisa menambah teman-teman baru yach mbak Ade. Beberapa hari yang lalu saya juga bikin artikel daftar komunitas blogger wanita di Indonesia :)

    ReplyDelete
  6. iya bener banget mba. manfaat berkomunitas itu salah duanya adalah mendapat banyak networking dan juga jadi banyak ilmu juga.

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.