Aplikasi Pendukung Ngeblog

Seperti yang sudah saya janjikan di postingan ‘Kok Punya Bayi Masih Bisa Ngeblog‘, hari ini saya akan cerita aplikasi pendukung apa saja yang saya pakai untuk ngeblog. Sebenarnya sih, lebih pas kalo ditaruh di postingan ini, tapi apa daya waktu itu nggak kepikiran sama sekali -_-

Buat saya, ngeblog itu juga harus didukung dengan aplikasi lain, supaya urusan ngeblog bisa lebih maksimal.

Oke, jadi aplikasi apa saja yang biasa saya pakai? Sederhana sih, mungkin sama kayak sebagian besar blogger-blogger lain. Tapi akan saya jabarkan apa kegunaannya buat saya pribadi.

Aplikasi pendukung ngeblog

Notes di handphone
Saya sudah pernah cerita kalo saya pakai hp Xiaomi Redmi 2. Di hp ini, ada aplikasi notes yang bisa dipisah-pisah menjadi beberapa folder. Aplikasi ini bener-bener berguna deh. Apalagi saya punya blog lebih dari satu. Misalkan lagi ada ide untuk blog ini, saya tulis di folder Sohibunnisa. Kalo tentang parenting atau pernikahan di Celoteh Bunda. Pun kalo misal saya punya ide tentang dunia perbukuan saya tulis di folder Delina Books. Selain itu, Bisa juga saya buat folder-folder lainnya. Sekarang juga saya mulai ngelatih nulis di notes hp. Supaya nggak terlalu ketergantungan harus nyalain netbook dulu. Kalau nulis di notes kan enak, setidaknya sudah ada draft tulisan. Di netbook tinggal edit atau tambah gambar aja. Pernah lho saya nulis di notes sampai lebih dari 1000 kata (baca postingan: Surat untuk Emir). Wah ini pencapaian terbesar buat saya haha. Dan faktor utamanya memang niat hehe. 

Ms. Word
Kalau ini di netbook ya. Sekarang memang sudah jadi kebiasaan baru kalau saya selalu ngecek jumlah kata setiap habis nulis. Tujuannya sih untuk memastikan kalau artikel saya harus lebih dari 300 kata. Jadi kalaupun saya nulis dari hp, saya akan tetep cek dulu di Ms. Word, jumlah katanya sudah pas atau belum. Kalau kurang, berarti harus saya tambah lagi.
Kamera handphone
ini salah satu gambar yang saya ambil pakai kamera hp
Sampai sekarang saya belum punya kamera yang bener-bener kamera. Alias semacam DSLR atau mirrorless. So, ya masih mengandalkan kamera handphone. Biasanya saya gunain kamera hp untuk ambil foto atau video yang sekiranya dibutuhkan buat postingan, biasanya seperti postingan lomba atau pun job review. Untuk postingan biasa kayak gini, jarang saya ambil gambar. Paling cukup ambil dari Pixabay atau situs-situs gambar yang gratisan aja hehe. Pengen juga sih punya kamera khusus, tapi nantilah, nabung dulu hehehe.
Aplikasi edit foto dan video
Untuk pendukung ini saya pakai dari handphone atau netbook. Kalau di handphone biasanya saya pakai PicsArt dan Phonto. Pernah juga nyoba aplikasi lain, cuma yang bertahan ada di hp cuma Phonto aja hehe. Kalau dari netbook, biasanya saya pakai Canva. Dulu sih pakai Photoscape juga, tapi karena netbook saya harus diinstall ulang, alhasil Photoscape nya kehapus dan belum install ulang lagi -_- Edit foto ini biasanya untuk nambahin teks di gambar. Atau bikin infografis ala-ala saya hehe. Untuk bikin infografis sederhana, menurut saya Canva cukup recommended sih. Untuk edit video sih jarang ya. Tapi kalau pun diharuskan biasanya saya pakai Viva Video aja. Belum nyoba aplikasi lain. Ada yang punya rekomen edit video di hp buat saya?

Screenshoot/snipping tool
Seperti bisa dilihat, postingan ini ada beberapa gambar screenshoot-an, screenshoot di atas saya ambil pakai aplikasi snipping tool bawaan nerbook. Kalau dari hp ya biasanya langsung pakai screenshoot.

Email (Gmail)
Haha iya saya tahu kalau ini mungkin bukan aplikasi. Tapi sekedar tambahan aja. Yang jelas saya suka pakai gmail untuk upload download gambar. Maksudnya gimana? Jadi, karena kabel data saya agak susah dicolokkin ke netbook, mau nggak mau saya harus kirim gambar pakai email. Jadi setelah saya ambil gambar dari hp, saya jadikan draft di email. Baru saya download lewat netbook. Karena kalau langsung masukkin gambar dari hp ke blog, kadang agak susah huhu. Makan kuota memang, tapi apa boleh buat -_- 

Ya, kurang lebih itu aja sih yang memang sering saya pakai untuk aplikasi pendukung ngeblog. So far, sampai sekarang aplikas-aplikasi di atas bener-bener berguna buat saya. Dan saya memang belum banyak nyoba aplikasi lain. Pernah saya install aplikasi Blogger, cuma nggak puas banget. Jadi mending saya tulis di notes aja baru saya pindahin ke blog pakai netbook.
Nah kalau temen-temen sendiri, biasanya pakai aplikasi apa aja buat mendukung ngeblog? Share dong. Mungkin bisa jadi rekomen yang bagus buat saya hehe 🙂

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

15 comments to “Aplikasi Pendukung Ngeblog”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Nisful Ardi - Februari 15, 2017 Balas

    Aplikasi kita sama mbak! Tapi aku masih ada beberapa yg laen sih, contohnya seperti tool untuk research keyword.. habis itu tool untuk menulis.. jhehehe.. dan gak lupa photoshop mbak, kalau mau editing via madroid dengan picsart rasanya agak susah..

    • adedelina - Februari 15, 2017 Balas

      Waah aku jarang research keyword haha. Kalo photoshop, berhubung aku pake netbook, dan udah lama jd agak lemot kl diinstall photoshop hiks

  2. Wahyu Widyaningrum - Februari 15, 2017 Balas

    Paling belum beisa edit foto apalagi video Mbak. Padahal ini penting sekali ya

    • adedelina - Februari 15, 2017 Balas

      Iya Mbak. Kl edit video sih, aku pun jarang kok hehe.

  3. ike yuliastuti - Februari 15, 2017 Balas

    halo mba,,, salam kenal, hampir sama kayag aku mba fotonya pake HP dan editingnya juga pake aplikasi diinternet seperti canva hehehhe.

  4. Dewi Nielsen - Februari 15, 2017 Balas

    Kalau ngedit photo saya pakenya PS mbak trus di resize biar nggak berat 🙂 udah itu aja..

    • adedelina - Februari 16, 2017 Balas

      Photoshop ya? Aku belum bisa make Photoshop hiks

  5. Miftha Kaje - Februari 16, 2017 Balas

    Sekarang jaman makin modern, makin dipermudah..

  6. Anisa Ae - Februari 16, 2017 Balas

    Iya, Mbak. Semua itu memang penting. 😀 Kalau salah satunya gak ada, bisa kalang kabut. :'D

  7. Prima Hapsari - Februari 16, 2017 Balas

    Pinterest! 😀

  8. Sulistya Nanda - Februari 16, 2017 Balas

    Setuju banget. Paling penting ya ada kuota. :p

  9. Bunda Kanaya - Februari 16, 2017 Balas

    phonto juga jadi andalan saya untuk utak atik font dan pakai vsco atau pixlr untuk edit fotonya, pakai canva juga mudah yaa, pokoknya sekarang banyak kemudahan dari aplikasi

  10. Anonymous - Maret 28, 2017 Balas

    terima kasih informasinya,
    sangat bermanfaat bagi saya yang baru saja kenal dan belajar blogging,

  11. Coretan Dari Desa - Mei 10, 2017 Balas

    Keunggulan aplikasi phonto itu apa mbak? Saya bisanya cuma pake photogrid, belum pernah coba yg lain

Leave a Reply

Your email address will not be published.