Memang ya, kalau kita bilang sulit padahal belum dilakukan, itu SALAH BANGET. Saya ngerasain ini dari soal ngeblog pakai handphone (hp). Iya, saya salut banget dengan blogger-blogger yang bisa tahan ngeblog pakai hp. Karena bayangan saya, nulis di hp kan layarnya kecil, nggak puas. Karena layarnya kecil, bisa jadi sering typo. Mana bisa bikin pegal mata. Lebih salut lagi, kalau ngeblog dari hp itu nggak sebatas posting biasa, tapi posting untuk lomba atau job review! Semua-muanya dia lakukan lewat hp tanpa bantuan laptop sedikit pun! Whuaa salut salut salut!
via Pixabay

Tapi sekarang, saya bisa merasakan apa yang blogger-blogger di atas lakukan. Yes, saya bisa ngeblog pakai handphone! *Yeaay 👏 Ternyata sulit yang dulu saya bayangkan itu nggak terjadi. Ya walaupun memang bertahap sih. Awalnya saya nulis di notes, kemudian saya pindahin ke halaman posting pakai hp, lalu edit dan menambahkan gambarnya masih pakai laptop. Sampai akhirnya saya mulai coba nulis di notes, tapi pas dipindahin ke halaman posting saya coba langsung edit pakai hp. Bahkan termasuk menambahkan gambar dan link juga pakai hp. Dan ternyata BISA dan nggak sulit kok! *Yeaay (lagi) 👏 Tapiii, kalau untuk postingan lomba atau job yang memerlukan infografis ya masih butuh laptop sih hehe. Ya jadi anggap saja ini langkah awal yang bagus supaya saya nggak ketergantungan dengan laptop 😁

Sejujurnya bukan tanpa alasan saya mau nyoba ngeblog pakai handphone. Utamanya karena anak saya semakin aktif. Kalau siang, sudah agak susah untuk buka laptop lama-lama karena semakin dia besar, jam tidurnya lebih sedikit. Jadi mau nggak mau harus malam hari. Ini pun masih dipotong-potong dia kebangun untuk minta nyusu. So, daripada nunggu buka laptop alhasil nggak nulis-nulis ya kenapa nggak dimanfaatin aja hp nya. Apalagi saya punya wishlist supaya bisa rutin ngeblog.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan ngeblog pakai handphone yang saya rasakan?

Kelebihan ngeblog pakai handphone:
💁 Lebih fleksibel
Enak karena fleksibel, mau dimana dan kapanpun bisa. Kalau ide berdatangan, langsung aja buka notes dan mulai nulis. Bisa sambil nungguin masakan matang. Bisa sambil nemenin anak main. Bisa sambil nyusuin anak. Bisa sambil nyuci, nyetrika, atau apapunlah 😄 Bisa di dalam rumah, di luar rumah, dimana pun deh 😄 Setelah draft tulisan di notes siap, saatnya memindahkan tulisan ke halaman posting blog deh.
😍 Nggak perlu nunggu buka laptop
Nggak perlu nunggu harus buka laptop dulu. Kalau buka laptop, terbilang agak buang waktu juga. Buka laptop, nungguin loading halaman awal – refresh dulu – buka browser – nungguin loading untuk buka page bloggernya. Whuaa keburu anak bangun dan rewel hiks. Iya, saya pernah lho begitu. Baru juga buka laptop, baru juga mau nulis, anak keburu bangun *buru-buru dimatiin lagi 😑

😁 Bisa langsung masukkin emoticon. 
Karena blogger sudah didukung dengan emot, jadi lebih enak lewat hp karena emotnya langsung ada di keyboard hp. Beda kalau lewat laptop yang harus kita arahin dulu ke logo emotnya karena laptop nggak ada tombol emoticon hiks.

💅 Tidak mudah typo karena sudah ada prediksi teks
Saya bersyukur banget dengan aplikasi Swift Key. Berkat aplikasi ini, mau saya ngetik asal-asalan tetap aja dibenerin dari prediksi teksnya haha. Ini memudahkan banget untuk orang-orang yang mudah typo kalau ngetik. Beda dengan laptop saya yang nggak ada prediksi teksnya. Kalau typo ya harus diedit dulu.

Kekurangan ngeblog pakai handphone:
💆 Pegal.
Pegal mata sih terutama, karena layarnya kan nggak sebesar laptop ya. Kalau jari dan lain-lainnya ya sama aja dengan ngeblog pakai laptop pun. Malah enaknya ngeblog pakai hp bisa sambil tiduran kan hehe.

😑 Kadang agak susah untuk edit dan masukkan gambar. 
Misalkan mau edit kanan kirinya biar rata, kadang nggak muncul simbolnya. Atau mau edit biar tulisannya berwarna, kecil, besar, heading, sub heading, nggak muncul juga simbolnya. Trus mau masukkin gambar, kadang nggak mau keupload gambarnya karena katanya memori apalah. Whua ini sih kayaknya hp saya aja yang begini -_- Entahlah kenapa bisa gitu. Jadi kalau soal edit ini memang masih lebih enak lewat laptop.

Hmm, kalau dilihat-dilihat ternyata lebih banyak kelebihannya ya. Dan finally saya mulai terbiasa ngeblog pakai hp *Yeaay 👏 Ya meskipun pada akhirnya saya tetap lebih suka ngeblog lewat laptop sih hehe. Selama masih bisa nyalain laptop, ya mending pakai laptop. Tapi kalau agak sulit, ya sudah manfaatkan saja yang ada a.k.a handphone 😁 Yang pasti, dimana dan kapan pun harus sedia koneksi internet. Kalau nggak, ya nggak bisa keposting tulisannya 😂
Kamu, suka ngeblog pakai handphone atau laptop? 😀

22 thoughts on “Kelebihan dan Kekurangan Ngeblog Pakai Handphone”

  1. Pake hp u ngeblog emang enaknya jadi bs cpt untuk update, tp ini klo kepepet aja sik.. Menurut aku hehe.. Karena tetap aja butuh media u edit foto yg lbh puas bisa liat di.layar hehe.. So far sih klo kepepet, dan atau fotonya cuma butuh dikit.. Ngeblog pake hp emang lbh praktis

  2. Biar gampang, tulisannya di copas dulu ke aplikasi blogaway (plus gambarnya juga), trus diterbitkan sebagai konsep, baru edit2 di blogger.. soalnya kalau nambahin gambar langsung di editor blogger, suka error..

  3. saya juga nulis blog pake HP, ini semenjak laptop saya rusak. jadinya pake HP

    ya gitulah ada lebih dan kekurangannya. tapi kalau semua dijalankan karna niat untuk nulis, media apa aja tidak masalah sih. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *